Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Israel Serang Gudang Senjata Hizbullah Lebanon Dekat Bandara Damaskus

Pemberontak Suriah dan sumber intelijen mengatakan bahwa Israel padea Kamis menyerang gudang senjata Hizbullah Lebanon di dekat bandar udara Damaskus, Suriah, tempat senjata dari Teheran dikirim secara teratur oleh pesawat barang niaga dan militer.
Suriah/Reuters
Suriah/Reuters

Bisnis.com, AMMAN-BEIRUT - Pemberontak Suriah dan sumber intelijen mengatakan bahwa Israel padea Kamis menyerang gudang senjata Hizbullah Lebanon di dekat bandar udara Damaskus, Suriah, tempat senjata dari Teheran dikirim secara teratur oleh pesawat barang niaga dan militer.

Presiden Suriah Bashar al-Assad, yang dalam perang saudara enam tahun negara itu didukung Rusia, Iran dan petempur Syiah setempat, termasuk Hizbullah, adalah sekutu terdekat Teheran dan bersumpah memusuhi Israel.

Menteri Intelijen Israel, Israel Katz, berbicara dari Amerika Serikat, tempat dia bertemu dengan pejabat AS, kepada radio Angkatan Darat Israel mengatakan. "Saya bisa memastikan bahwa kejadian di Suriah sesuai sepenuhnya dengan kebijakan Israel untuk mencegah penyelundupan senjata lebih lanjut dari Iran melalui Suriah kepada Hizbullah. Tentu, saya tidak ingin menguraikan tentang hal ini," katanya.

"Setiap kali kita menerima laporan dari intelijen yang menandakan adanya niat untuk pengiriman senjata kepada Hizbullah, kami akan bertindak," tambahnya.

Juru bicara militer Israel menolak berkomentar.

Dua sumber pemberontak senior yang beroperasi di daerah Damaskus mengutip pemantau mereka di pinggiran timur ibukota Suriah, di mana bandara itu berada, mengatakan bahwa lima serangan telah menghantam sebuah pusat pasokan senjata yang digunakan oleh petempur yang didukung Iran.

Televisi al-Manar Lebanon, yang terhubung dengan Hizbullah, mengatakan pertanda awal serangan tersebut terjadi pada gudang dan tangki bahan bakar yang hanya menyebabkan kerusakan material dan tidak ada korban jiwa.

Sumber intelijen setempat, yang meminta namanya tidak disebutkan, mengatakan bahwa pusat pasokan senjata yang menjadi target serangan, menampung dalam jumlah besar senjata yang dikirim melalui udara oleh Iran, sekutu terkemuka Bashar di wilayah tersebut.

Sumber tersebut mengatakan bahwa senjata-senjata itu banyak dipasok untuk sebuah kesatuan tempur yang didukung Iran dan pasukan yang dipimpin oleh Hizbullah. Mereka memiliki ribuan orang petempur yang terlibat dalam beberapa barisan kuat melawan pemberontak Suriah.

Media pemerintah Pro-Suriah dan Organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia untuk Suriah yang berlokasi di Inggris pada Kamis melaporkan tentang sebuah ledakan besar di dekat bandara dan pemukiman di pusat Damaskus, penduduk yang tinggal beberapa kilometer dari lokasi ledakan mengatakan bahwa peristiwa itu telah membuatnya terbangun dari tidur.

Sumber pemberontak mengatakan serangan tersebut menyebabkan kebakaran, dengan percikan api muncul dari gugus luas militer, yang tertutup. Mereka meyakini tempat tersebut digunakan Teheran untuk memasok senjata kepada petempur dukungan Iran, yang bergerak bersama tentara Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper