Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Ekonomi Jadi Prioritas Pembangunan Sulut

Pemerintah Sulawesi Utara menetapkan pembangunan infastruktur, pariwisata, dan investasi sebagai prioritas dalam pembangunan daerah di 2018.nn
Olly Dondokambey (tengah)/Antara
Olly Dondokambey (tengah)/Antara

Bisnis.com, MANADO -- Pemerintah Sulawesi Utara menetapkan pembangunan infastruktur, pariwisata, dan investasi sebagai prioritas dalam pembangunan daerah di 2018.

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, mengatakan tiga program tersebut menjadi bagian dari sepuluh program prioritas provinsi Bumi Nyiur Melambai yang sudah ditetapkan dalam rencana pembangunan daerah. Dia menekankan, pembangunan sepuluh program tersebut harus dilakukan secara sinergis antara pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten.

Olly membeberkan, program pembangunan tahun depan bakal mengacu pada asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5%-6,7% dan tingkat inflasi di kisaran 3%-5%. Di samping itu, asumsi lain yakni tingkat kemiskinan 7,5%-7,95 dan tingkat pengangguran terbuak 5,9%-6,2%.

"Dalam proses dan tahapan penyusunan ini, jumlah usulan yang disampaikan kabupaten kota sejumlah 1.812 usulan. Usulan yang diterima 1.074 usulan dan yang ditolak sejumlah 738 usulan," imbuhnya dalam acara Musyarawarah Perencanan Pembangunan atau Musrembang 2018 di Manado, Rabu (25/4/2017).

Kabupaten Sangihe, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Tenggara menjadi tiga kabuapten dengan usul rencana kerja pembangunan daerah terbanyak masing-masing 256, 184, dan 184. Sementara itu usulan paling sedikit diajukan Kabuapten Bolaang Mongondow Selatan, Kota Bitung, dan Kota Manado.

Di sisi lain, Gubernur Sulawesi Utara juga memberikan Anugerah Pangripta Nusantara tahun 2017 kepada pemerintah daerah yang dinilai memiliki perencanaan terbaik.

Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Minahasa Tenggara menjadi tiga kabupaten yang memiliki perencanaan terbaik untuk tingkat pemerintah kabupten. Sementara itu, Kota Kotamobagu, Kota Manado,dan Kota Bitung juga mendapat anugerah serupa untuk tingkat pemerintah kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper