Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONFLIK SEMENANJUNG KOREA: Korut Siap Tenggelamkan Kapal Induk AS

Korea Utara menyatakan siap untuk menenggelamkan kapal induk pengangkut pesawat milik AS untuk menunjukkan kehebatan militernya, sedangkan dua kapal AL Jepang bergabung dengan latihan militer pimpinan AS di Pasifik bagian barat.

Kabar24.com, JAKARTA—Korea Utara menyatakan siap untuk menenggelamkan kapal induk pengangkut pesawat milik AS untuk menunjukkan kehebatan militernya, sedangkan dua kapal AL Jepang bergabung dengan latihan militer pimpinan AS di Pasifik bagian barat.

Presiden AS Donald Trump dilaporkan telah memerintahkan kapal induk USS Carl Vinson untuk bergerak ke lepas pantai semenanjung Korea. Tujuannya adalah untuk merespons ketegangan di wilayah itu sehubungan dengan uji coba senjata nuklir dan rudal Korut.

Korut mengancam untuk menyerang AS dan negara sekutunya di Asia. AS tidak memerinci dimana posisi kapal induk itu meski tengah bergerak ke wilayah tersebut. Wapres AS Mike Pence menyatakan bahwa kapal itu akan tiba dalam beberapa hari ini, namun tidak memerinci keterangannya. "Kekuatan kami yang revolusioner siap untuk menenggelamkan kapal nuklir pengangkut pesawat AS," menurut harian Rodong Sinmun, koran milik Partai Buruh Korut sebagaimana dikutip Reuters, Minggu (23/4).

Diibaratkan kapal induk AS sebagai binatang liar dan serangan atas kapa itu akan menjadi contoh bagaimana kekuatan militer Korut bekerja. Pernyataan tersebut dimuat di halaman tiga berdekatan dengan sebuah tulisan mengenai pemimpin Kim Jong Un yang tengah berkunjung ke sebuah peternakan. Korut akan merayakan hari ulang tahun angkatan bersenjata yang ke-85 pada Selasa mendatang.

Perayaan itu biasanya ditandai dengan uji coba senjata nuklir dan peluru kendali. Korut telah melakukan lima kali uji coba niklir dan dua di antaranya dilakukan tahun lalu. Saat ini negara itu tengah mengambangkan rudal nuklir yang mampu menjangkau Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper