Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ribuan Warga Padati Halim Nonton Atraksi Udara TNI AU

Ribuan warga Jakarta dan sekitarnya memadati Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu, untuk menyaksikan secara langsung Peringatan HUT Ke-71 TNI Angkatan Udara, yang dipenuhi acara demo udara dan demo darat.
Jet tempur TNI AU berjajar di Bandara Halim.
Jet tempur TNI AU berjajar di Bandara Halim.

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan warga Jakarta dan sekitarnya memadati Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu, untuk menyaksikan secara langsung Peringatan HUT Ke-71 TNI Angkatan Udara, yang dipenuhi acara demo udara dan demo darat.

Bahkan, kemacetan terjadi di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma, dimana pada hari biasanya tidak pernah terjadi macet.

Kemacetan baik saat kedatangan ke Halim maupun kepulangan dari Halim lantaran banyak warga dari Jakarta dan sekitarnya yang membawa kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Teriknya matahari tidak membuat warga bergeming untuk menyaksikan aksi yang dilakukan oleh prajurit TNI AU, baik atraksi udara maupun atraksi bela diri.

Salah satu warga dari Bekasi, Fauzi (39), mengaku rela bermacet-macet untuk dapat menyaksikan atraksi udara oleh penerbang tempur TNI AU.

"Saya ingin anak saya melihat langsung atraksi udara yang dipertontonkan oleh prajurit TNI AU. Ini sangat bagus sekali," katanya yang membawa kedua anaknya.

Pesawat tempur TNI AU, kata dia, sudah cukup mumpuni sehingga diharapkan ke depannya alutsista TNI AU lebih canggih lagi.

"Dalam perayaan HUT Ke-71 TNI AU ini kita ingin tampilkan yang terbaik," kata Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Menurut dia, sebanyak 132 pesawat dari berbagai jenis dan 4.500 personil diterjunkan dalam peringatan HUT TNI AU ini.

Pesawat yang terlibat dalam peringatan HUT TNI AU itu, yakni pesawat UAV, pesawat T-41 Cessna, pesawat EC-120 B, pesawat NAAS 332/ SA -330/C-725, pesawat C-130 Hercules, pesawat CN-295/235/235 MPA, pesawat F-16, pesawat T-50i, pesawat Hawk 109/209, pesawat Sukhoi 27/30, pesawat EMB-314, pesawat Grob G-120 TP, dan pesawat KT-1 Woong Bee.

Sedangkan kegiatan demo darat melibatkan Drum band Pasca Lokananta taruna AAU, Detasemen Bravo 90 Korpaskhas dan pesawat helikopter Puma/Super Puma.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya, mengatakan kegiatan diawali dengan penerbangan banner, trike dan paramotor yang dilanjutkan dengan upacara.

Selesai upacara Paskhasau melaksanakan demo Pembebasan Sandera (Basra), dilanjutkan dengan "fly pass" pesawat latih, display Jupiter Aerobatic Team, "fly pass" pesawat helikopter, "fly pass" pesawat angkut, "fly pass" pesawat tempur, Air to Air fight Sukhoi vs F-16, simulasi serangan udara langsung (SUL).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper