Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Pilih Sadli Isra Gantikan Patrialis Akbar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjatuhkan pilihannya kepada Sadli Isra sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menggantikan Patrialis Akbar, yang tersandung kasus dugaan suap uji materi Undang-Undang Peternakand an Kesehatan Hewan di MK.
Sadli Isra/Antara
Sadli Isra/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjatuhkan pilihannya kepada Sadli Isra sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menggantikan Patrialis Akbar, yang tersandung kasus dugaan suap uji materi Undang-undang Peternakand an Kesehatan Hewan di MK.

“Saya dapat kabar itu bukan dari berita resmi atau surat, tapi dari orang Sekneg (Sekretariat Negara) waktu saya tanya memangnya siapa yang dipilih Presiden jawabannya Pak Sadli,” ujar Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Hakim MK Harjono, Sabtu (8/4/2017).

Harjono mengatakan, dia dihubungi pihak Sekneg untuk memenuhi undangan acara pelantikan yang akan dilaksanakan pada Selasa pekan depan, 11 April 2017.

“Saya akan diundang karena katanya kan kami yang memilih, jadi sudah ditetapkan begitu,” katanya.

Dia berujar keputusan akhir itu sepenuhnya merupakan kewenangan Presiden Jokowi.

“Jadi tugas kami kan untuk memilih tiga calon, nanti Presiden yang umumkan sendiri.”

Pada 3 April lalu, Harjono bersama anggotam tim pansel lainnya telah menyerahkan tiga nama kepada Presiden Jokowi. Ketiga nama itu adalah pakar hukum tata negara Universitas Andalas Padang, Saldi Isra, pengajar ilmu hukum Universitas Nusa Cendana Kupang, Bernard Tanya, dan mantan Direktur Jenderal Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM, Wicipto Setiadi,

Kemarin, Juru bicara kepresidenan, Johan Budi, mengatakan Presiden sudah memutuskan calon hakim MK. Namun, dia belum mengetahui apakah Jokowi sudah meneken keputusan presiden ihwal penentuan hakim MK.

"Setelah itu (putuskan hakim MK), tentu prosesnya pelantikan," kata Johan di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi itu mengatakan tidak tahu sosok hakim MK yang dipilih Jokowi. Dia meminta masyarakat menunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper