Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beri Motivasi Mahasiswa, Setya Novanto Cerita Pengalaman Jadi Supir

Ketua DPR Setya Novanto menceritakan pengalamannya saat menjadi supir di hadapan civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat, Sabtu (25/3/2017).
Setya Novanto/Antara
Setya Novanto/Antara

Kabar24.com, PADANG--Ketua DPR Setya Novanto menceritakan pengalamannya saat menjadi supir di hadapan civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat, Sabtu (25/3/2017).

Dalam forum seminar nasional yang membahas seputar penguatan ekonomi mikro & UMKM, Novanto bercerita tentang masa mudanya saat kuliah di Surabaya, Jawa Timur.

"Saat mahasiswa, agar tidak perlu membayar kos saya menjadi supir keluarga di tempat saya tinggal," ujarnya.

Tumbuh dan besar dengan kondisi perekonomian yang kurang mampu, tidak memnuatnya minder atau kehilangan kepercayaan diri. Bahkan, dirinya juga sempt menjadi tukang cuci mobil di salah satu dealer di Surabaya.

Suatu hari, pemilik dealer bertanya kepada Novanto bagaimana cara meningkatkan penjualan mobil dan menaikan omset perusahaan. karena kuliah di jurusan akuntansi, dia mampu menjelaskan persoalan tersebut.

"Alhamdulillah, akhirnya saya dipercaya menjadi ketua penjualan mobil Indonesia bagian timur di perusahaan tersebut" kenangnya.

Dalam pemaparannya, Novanto menyampaikan bahwa kalangan muda, khususnya para mahasiswa, jangan takut berwirausaha. Selain belajar di kampus, mahasiswa juga sebaiknya memulai bisnis sekecil apapun.

Novanto mengaku kagum dengan masyarakat Minangkabau yang dia nilai memiliki etos kerja yang tinggi, terutama dalam hal perdagangan. Semangat inilah yang akan menumbuhkan para wirausahawan dari berbagai tingkatan.

Dia sekaligus mengajak semua para pelaku usaha di tanah Minangkabau untuk memanfaatkan program pemerintah berupa pemberian subsidi bunga untuk kredit usaha rakyat (KUR).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper