Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaet Investor, Bank Indonesia Bentuk RIRU di Sulut

Bank Indonesia (BI) membentuk unit khusus untuk menarik investasi di Sulawesi Utara. Unit tersebut dinamakan Regional Investor Relation Unit atau RIRUnn
Ilustrasi/coastalinvestment.ae
Ilustrasi/coastalinvestment.ae

Bisnis.com, MANADO -- Bank Indonesia (BI) membentuk unit khusus untuk menarik investasi di Sulawesi Utara. Unit tersebut dinamakan Regional Investor Relation Unit atau RIRU

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara Soekowardojo mengatakan investasi memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi provinsi berjuluk Nyiur Melambai itu. Terlebih, arus modal yang masuk menunjukkan tren menanjak.

Dia menuturkan, Sulawesi Utara merupakan provinsi kelima yang memiliki RIRU, menyusul Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra Utara dan Kalimantan Timur. "Anggotanya sendiri berasal dari lintas instansi. Unit diharapkan bisa membentuk persepsi positif investor," ujarnya kepada Bisnis.com, Jumat (24/3/2017).

Dia menuturkan, RIRU bakal menyusun publikasi berisi potensi investasi yang bisa digarap investor di setiap wilayah di Sulawesi Utara. Wilayah provinsi yang menjadi serambi utara Indonesia itu terdiri dari 15 kabupaten/kota.

Secara umum, Sulawesi Utara memiliki potensi ekonomi yang tinggi dari beberapa sektor, antara lain, pengembangan industri, sumber daya alam, kemaritiman, pariwisata hingga logistik. Potensi tersebut menurut Soekowardojo perlu dikelola dan dipromosikan secara intensif kepada investor.

Tahun lalu pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara mencapai 6,17% dengan konstribusi dari investasi mencapai 2,33%. Dalam struktur produk domestik regional bruto, investasi menyumbang porsi sebesar 34.16%.

Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Izin Terpadu Sulawesi Utara mencatat, pada 2016 realisasi investasi baru mencapai Rp4,1 triliun atau melampaui target sebanyak Rp2,5 triliun. Sebanyak 90% dari arus modal yang masuk merupakan penanaman modal asing atau PMA yang terutama mengalir ke sektor energi, listrik, dan pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper