Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERSPEKTIF GENDER: Laki-laki dan Perempuan Berhak Kembangkan Diri

Laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk selalu mengembangkan diri dan sukses dalam berbagai bidang kehidupan.
Ilustrasi/Genderintelligence
Ilustrasi/Genderintelligence

Bisnis.com, JAKARTA-Laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk selalu mengembangkan diri dan sukses dalam berbagai bidang kehidupan.

Demikian Islam menempatkan hal laki-laki dan perempuan pada posisi yang sama selama tidak menyalahi kodratnya masing-masing.

Zaenal Arifin, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, mengatakan pemahaman masyarakat terhadap pandangan Islam itu bisa dirasakan sekarang, dengan adanya pergerakan perspektif gender di berbagai sektor kehidupan.

“Pergerakan perspektif gender pada tahun 70-an sudah mulai dirasakan di berbagai sektor sampai ke lembaga tinggi negara. Kemudian semakin cair ketika Indonesia memiliki presiden wanita,” katanya, Kamis (23/3/2017).

Menurutnya, pembenahan sudut pandang mengenai gender pada kebanyakan khalayak masih menganggapnya hanya soal wanita. Padahal lebih luas lagi bukan hanya masalah tersebut.

“Jadi, yang sebenarnya gender bukan hanya soal wanita, nah inilah yang perlu didiskusikan dan diluruskan seperti apa gender sesungguhnya,” ujarnya dalam situs resmi UIN Jakarta.

Dia menyampaikan hal itu dalam seminar bertema Pengarusutamaan Gender Melalui Organisasi Kemahasiswaan, bersama pembicara lain seperti Nur Afiyah Febriani Ketua Prodi Ilmu Quran PTIQ, Rahmi Purnomowati Ketua PSGA UIN Jakarta, Lilik Sumarni Ketua PSGPA UMJ, Supardi Lee motivator/perwakilan IPB, dan Naila Fitria aktivis Komisi Nasional Perempuan.

Sementara itu Rahmi Purnomowati, Ketua Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Jakarta, menyatakan pihaknya membuka diri dan siap memfasilitasi materi dalam diskusi organisasi kemahasiswaan yang ingin mengkaji tema gender.

“Kami dari PSGA siap memberikan materi atau pun memfasilitasi kebutuhan mahasiswa terkait diskusi yang mengangkat tema-tema gender,” katanya.

Dia juga menjelaskan bagi mahasiswa maupun siapa saja yang ingin menambah pengetahuan tentang gender, dapat berkunjung ke kantor PSGA UIN Jakarta bertemu para ahlinya, serta  tersedia banyak buku dan literatur terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper