Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB JABAR 2018 : Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi

Elektabilitas Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil tertinggi dibandingkan 14 nama lainnya yakni sekitar 22 persen sebagai calon gubernur Jawa Barat 2018, lembaga survei Indo Barometer.
Ridwan Kamil/Antara
Ridwan Kamil/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Elektabilitas Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil tertinggi dibandingkan 14 nama lainnya yakni sekitar 22 persen sebagai calon gubernur Jawa Barat 2018, lembaga survei Indo Barometer.

Jika ada 14 nama calon gubernur Jabar yang ditanyakan kepada responden, maka hasilnya Ridwan Kamil menempati posisi pertama yakni 22 persen, berikut peringkat hasil survei tersebut:

  1. Ridwan Kamil (22%)
  2. Deddy Mizwar (14,1%)
  3. Dede Yusuf (11,8%)
  4. Dedi Mulyadi (7,3%)
  5. Rieke Diah Pitaloka (2,4%)

Sisanya adalah responden yang belum menjawab 34,6 persen, kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, di Bandung, Kamis  (23/3/2017).

Indo Barometer sebelum telah melakukan survei di Provinsi Jawa Barat dengan tajuk "Permasalahan Jawa Barat dan Peluang Calon Gubernur 2018" yang dilaksanakan pada 27 Februari hingga 7 Maret 2017.

Adapun jumlah respondennya 800 orang serta margin of error kurang lebih 3,45 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Adapun maksud dan tujuan survei untuk melihat permasalahan di Jawa Barat serta peluang calon gubernur 2018," kata Qodari.

Dikatakan, elektabilitas Ridwan Kamil juga masih menempati posisi tertinggi, ketika responden diberi pertanyaan siapa lima nama calon gubernur Jawa Barat 2018 yang akan dipilih oleh respon.

"Jika ada lima nama calon gubernur Jabar 2018, respon akan memilih siapa. Jawabannya pertama Ridwan Kamil 25,3 persen, Deddy Mizwar 19,3 persen, Dede Yusuf 14,2 persen, Dedi Mulyadi 8,1 persen dan Bima Arya Sugiarto 1,9 persen," kata dia.

Menurut dia, meskipun dari aspek elektabilitas sosok Ridwan Kamil namun dari aspek pengenalan (popularitas) masih kalah oleh sosok Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

"Lima calon dengan tingkat pengenalan tertinggi adalah Deddy Mizwar 97,8 persen, Desy Ratnasari 92,1 persen, Dede Yusuf 91,3 persen, Rieke Diah Pitaloka 72,5 persen dan Ridwan Kamil 65,4 persen," kata dia.

Berdasarkan data di atas maka calon gubernur dengan peluang menang terbesar di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 adalah Ridwan Kamil karena dengan tingkat pengenalan 65 persen sudah menjadi gubernur dengan elektabilitas tertinggi.

"Hal ini dikarenakan Ridwan Kamil adalah calon gubernur Jawa Barat dengan tingkat kesukaan tertinggi. Peluang Ridwan Kamil makin besar mengingat tingkat kepuasan terhadap Wagub Jabar petahana Deddy Mizwar 42 persen," kata dia.

Akan tetapi, kata Qodari, Pemilihan Gubernur dan Wakil Jawa Barat 2018-2023 masih dinamis mengingat pelaksanaannya masih  bulan Juni 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper