Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa 6,4 SR Guncang Bali dan NTB, Warga Panik Berlarian

Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter mengguncang Bali dan NTB sehingga warga Gerung, Kabupaten Lombok Barat, serentak berlarian menghambur ke luar rumah mereka.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Kabar24.com, MANGUPURA--Gempa berkekuatan 6,4 skala ricther mengguncang Pulau selama kurang lebih 10 detik dan membuat masyarakat di Kota Denpasar berhamburan keluar rumah.

Belum ada laporan dampak kerugian jiwa akibat gempa yang tidak berpotensi menimbulkan tsunami ini, tetapi ‎ada laporan kerusakan terjadi di gerbang sebuah Pura di Kabupaten Bangli.

Pengamatan Bisnis,‎ gempa yang terjadi sekitar pukul 07:10 Wita ini membuat warga yang sedang bersiap kerja berhamburan keluar rumah. Data dari BMKG, gempa tektonik ini berpusat pada koordinat 8.79 LS-115.19 BT, tepatnya di Hindia pada jarak 12 km arah tenggara Kota Denpasar pada kedalaman 125 km.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan bahwa wilayah selatan Bali seperti Kuta, Tabanan, Mataram mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau III-IV MMI. kemudian Banyuwangi, Taliwang, Karangkates, Sawahan, dan Bima dengan skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan oleh hampir semua orang di provinsi Bali. Hingga beberapa warga sempat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Dampak gempabumi pada skala intensitas II SIG-BMKG semacam ini berpotensi menimbulkan kerusakan, namun hingga saat ini belum ada laporan terjadinya kerusakan.

Gempabumi ini terjadi aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia. Gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah di Zona Benioff, yaitu lajur lempeng tektonik yang sudah mulai menukik. Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG telah terjadi aktivitas gempabumi susulan (aftershocks) dengan kekuatan M:3.9. BMKG mengimbau warga di pesisir selatan Bali dan Lombok agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper