Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Makna 4 Warna Paspor di Dunia

Tahukah Anda hanya ada empat warna paspor di dunia? Mungkin Anda berpikir warna paspor murni hanya untuk nilai estetika, tapi Anda salah.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Tahukah Anda hanya ada empat warna paspor di dunia? Mungkin Anda berpikir warna paspor murni hanya untuk nilai estetika, tapi Anda salah.

Ternyata tiap negara punya alasan spesifik dalam memilih salah satu dari empat warna untuk paspor mereka.

Jadi, apa saja warna dan artinya?

Merah

Merah adalah warna yang paling lazim digunakan. Warna ini biasanya dipilih negara-negara yang memiliki sejarah atau menganut sistem komunis. Warga Slovenia, Serbia, Latvia, Romania, China, Rusia, Polandia dan Georgia memiliki paspor warna merah.

Selain itu, warna ini juga dipakai negara anggota Uni Eropa, kecuali Kroasia.

Negara-negara yang tertarik bergabung dengan Uni Eropa, termasuk Turki, Macedonia dan Albania juga mengganti warna paspor menjadi merah beberapa tahun silam.

Negara lain yang memilih merah adalah Bolivia, Kolombia, Ekuador dan Peru.

Biru

Biru adalah warna kedua yang paling banyak digunakan untuk paspor. Biru menyimbolkan “dunia baru” dan warna ini dipakai 15 negara Karibia. Negara-negara di Amerika Selatan, seperti Brasil, Argentina dan Paraguay juga menggunakan paspor biru, sampulnya menyimbolkan hubungan dengan Mercosur, organisasi negara-negara Amerika Selatan.

Salah satu paspor biru yang terkenal adalah milik warga AS, tapi mereka baru menggantinya jadi biru pada 1976.

Inggris juga sempat memakai warna biru untuk paspornya, namun warna biru tua itu diganti dengan warna merah anggur pada 1988,

Hijau

Sebagian besar negara muslim menggunakan paspor warna hijau, misalnya Indonesia, Maroko, Saudi Arabia dan Pakistan. Ini karena hijau dianggap sebagai warna favorit Rasullullah Muhammad S.A.W.

Warna hijau juga dianggap sebagai simbol alam dan kehidupan.

Sebagian negara Afrika Barat, termasuk Nigeria, Niger dan Segal juga punya warna paspor hijau, tapi warna itu dipilih karena mereka termasuk dalam bagian Economic Community of West African States.

Hitam

Ini adalah warna paspor yang paling jarang. Sebagian negara Afrika, seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo dan Malawi memiliki paspor hitam.

Warga negara Selandia Baru juga punya paspor hitam karena itu adalah warna nasional negara tersebut, seperti dilansir The Sun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper