Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ICRC Belajar Hal Ini Dari Indonesia

Indonesia menjadi tempat belajar bagi Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dalam menangani dan menyelesaikan berbagai konflik, termasuk membantu serta melindungi para korban.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Indonesia menjadi tempat belajar bagi Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dalam menangani dan menyelesaikan berbagai konflik, termasuk membantu serta melindungi para korban.

Presiden ICRC Peter Maurer mengatakan kunjungannya ke Indonesia kali ini adalah dalam rangka menjajaki kerja sama dengan pemerintah Indonesia dan pihak-pihak terkait lainnya dalam bentuk yang berbeda dari sebelumnya.

Peter melihat Indonesia yang memiliki keragaman karakteristik dalam budaya, suku bangsa dan agama sangat berpengalaman dalam menangani konflik dan membantu para korban. “Indonesia juga berada di garis terdepan antara Islam dan Kristen, Islam dan Budha serta Islam dan Hindu yang saling berhubungan,” katanya, Selasa (21/3/2017).

Peter mencontohkan peran Indonesia yang sangat penting dalam penyelesaian konflik di Myanmar yang melibatkan umat Islam dan Budha.

"Misalnya, dalam menangani korban kekerasan seksual baik yang terjadi wilayah konflik maupun yang bukan wilayah konflik, seperti yang terjadi di Myamnar," kata Peter seraya menambahkan bahwa Indonesia juga berpengalaman dalam melakukan operasi katarak bagi masyarakat luas.

Menurut dia, ICRC memiliki peralatan operasi katarak yang memadai namun masih kurang dalam pengalaman. "Di sinilah, bagaimana nanti kita bisa bekerja sama," kata Peter.

ICRC merupakan organisasi kemanusiaan independen yang menjalankan misi bantuan dan perlindungan bagi korban konflik dan tindak kekerasan lainnya yang terjadi di seluruh dunia, sesuai yang dimandatkan pada Konvensi Jenewa 1949.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper