Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumut Gandeng Korsel Kembangkan Energi Terbarukan

Sumut dan Korsel Kembangkan penataan kelistrikan ramah lingkungan.
Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)/Antara
Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)/Antara

Kabar24.com, MEDAN—Pemerintah Provinsi Sumatra Utara bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jeju, Korea Selatan untuk mengembangkan penataan kelistrikan ramah lingkungan. Adapun, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengunjungi Pemprov Jeju pada Minggu (19/3/2017).

Berdasarkan siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (20/3/2017), dalam kunjungan tersebut, Erry didampingi oleh Ketua Komite II DPD RI Parlindingan Purba dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hidayati.

“Kami menyatakan kesiapan untuk kerja sama antar kedua provinsi. Sumut kan punya rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di perairan Danau Toba. Ini kan ramah lingkungan. Danau Toba juga telah ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional. Kerja sama akan menyangkut realisasi pembangunannya,” ujar Erry.

Tak hanya pembangkit listrik energi terbarukan, dia juga berharap Pemprov Jeju juga akan terlibat dalam pengembangan pariwisata, pendidikan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Gubernur Jeju Won Hyee Ryong mengatakan, provinsi yang dipimpinnya memiliki banyak kesamaan dengan Sumut. Di Jeju, saat ini kendaraan bermotor khusus sedan, sudah mencapai 50% dari total mobil elektrik di Korea Selatan.

“Jeju sudah terdaftar dalam Geopark Unesco. Sumut memiliki Danau Toba dan Kepulauan Nias. Sumut seharusnya lebih berperan aktif untuk menerapkan kebijakan energi ramah lingkungan di kedua lokasi tersebut. Kami sudah sepakat untuk bekerja sama pengembangan riset dan pembangunan.”

Sebelumnya, pada 14 Maret 2017, Green Technology Center Korea mengunjungi Sumut. Adapun, pengembangan potensi kelistrikan energi terbarukan akan menambah pasokan 10 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper