Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Tertekan, Italia Sabet Gelar Negara Paling Sehat

Italia menduduki peringkat tertinggi Bloomberg Global Health Index dari 163 negara yang tercatat. Negara itu disebut memiliki angka harapan hidup yang tinggi.
Trem, angkutan di Milan Italia/wikimedia.org
Trem, angkutan di Milan Italia/wikimedia.org

Bisnis.com, JAKARTA — Italia menduduki peringkat tertinggi Bloomberg Global Health Index dari 163 negara yang tercatat. Negara itu disebut memiliki angka harapan hidup yang tinggi.

Pertumbuhan ekonomi negara tersebut mengalami stagnasi dalam dekade terakhir. Lebih dari 40% pemuda di sana meninggalkan pekerjaan mereka.

Namun, hal tersebut tak menghalangi Italia menjadi negara tersehat versi Bloomberg. Angka harapan hidup seorang bayi yang lahir di sana bisa menembus usia 80-an.

CEO of the global relief organization Project Hope Tom Kenyon menyatakan adanya kelebihan jumlah dokter di Italia. Kondisi sebaliknya terjadi di Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada yang sebagian besar diduga menderita diabetes dan tekanan darah tinggi.

Dalam daftar yang sama, AS menduduki posisi 34 dengan nilai tingkat kesehatan sebesar 73.05 dari 100 poin. Director of the Center for Public Health Nutrition at the University of Washington Adam Drewnowsk menyatakan konsumen di sana perlu merubah pola konsumsi makanan.

“Perlu dilakukan diet dan lebih banyak konsumsi sayuran. Selain itu, makanan yang dikonsumsi harus diproses dalam kondisi segar,” ujar Adam seperti dikutip dari laman Bloomberg, Senin (20/3/2017).

Setiap negara yang masuk dalam daftar tersebut ditentukan berdasarkan tingkatan dari beberapa variabel. Adapun beberapa elemen yang digunakan yakni angka harapan hidup, penyebab kematian, resiko kesehatan, dan ketersediaan air bersih.

Singapura berhasil bercokol diposisi ke-4 dengan dengan hasil akhir 90.23. Posisi ke-2 ditempati oleh Islandia kemudian dilanjutkan oleh Swiss. (Bloomberg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper