Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Menperin Saleh Husin: KH. Hasyim Muzadi Tokoh Pemersatu Bangsa

Beliau adalah salah satu sumber inspirasi Indonesia terutama karena pandangan-pandangan tentang persatuan, toleransi dan saling menghargai keragaman di Indonesia. Kiai Hasyim merupakan guru bangsa yang dihormati dan disegani.
KH. Hasyim Muzadi/JIBI
KH. Hasyim Muzadi/JIBI

Kabar24.com, JAKARTA - Mantan Menteri Perindustrian RI dan Wakil Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Saleh Husin menyampaikan duka cita atas wafatnya KH. Hasyim Muzadi. Saleh menilai almarhum merupakan tokoh pemersatu bangsa, memiliki pergaulan luas hingga dunia internasional dan dihormati beragam kalangan lintas agama.

"Beliau adalah salah satu sumber inspirasi Indonesia terutama karena pandangan-pandangan tentang persatuan, toleransi dan saling menghargai keragaman di Indonesia. Kiai Hasyim merupakan guru bangsa yang dihormati dan disegani," ujar Saleh dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Wafat pada usia 72 tahun, lanjut Saleh, mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama itu telah menjalani dan menjadi saksi berbagai peristiwa penting Tanah Air.

"Catatan, tulisan, dan perspektif Kiai Hasyim selalu menarik dan memperkaya wawasan kita. Beliau mendorong kita untuk bijak, menjaga kesejukan dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa," tambah Saleh.

KH Hasyim Muzadi, yang lahir pada 8 Agustus 1944 di Tuban Jatim, tutup usia pagi tadi, Kamis (16/3/2017) setelah menjalani perawatan di RS Lafalette Malang.

Sebelumnya, beberapa tokoh telah menjenguk anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu di kala sakit, termasuk Presiden RI Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Joko Widodo yang berkunjung ke kediaman almarhum di Malang, Jatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper