Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kesepakatan Kepolisian Dunia Melawan Terorisme dan Kejahatan Transnasional

Kepolisian seluruh dunia akhirnya menyepakati program melawan terorisme dan kejahatan transnasional, dalam acara Chiefs of Police Conference of South Asia and Neighbouring Countries di Kota Dhaka Bangladesh.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA-Kepolisian seluruh dunia akhirnya menyepakati program melawan terorisme dan kejahatan transnasional, dalam acara Chiefs of Police Conference of South Asia and Neighbouring Countries di Kota Dhaka Bangladesh.

Delegasi Indonesia sendiri dalam acara itu dipimpin oleh Wakapolri Komjen Pol. Syafruddin. Kesepakatan tersebut diambil di hari terakhir pertemuan ini, ada beberapa poin yang disepakati.

Dalam pertemuan itu, berdasarkan informasi dari Stafsus Wakapolri, Yadi disebutkan tantangan kekerasan ekstrimisme dan kejahatan transnasional  dapat diatasi secara efektif dengan kerjasama perbatasan diantara negara Asia Selatan dan negara-negara bertetangga lainnya. Kebanyakan dari kejahatan serius ini membutuhkan tindakan cepat, efektif, dan kerja sama profesional diantara lembaga-lembaga kepolisian di negara-negara yang bertetangga.
 
Menurut Syafruddin, tujuan dari konferensi ini adalah menemukan jalan untuk penguatan hubungan diantara lembaga-lembaga penegak hukum dan yang relevan di dunia dan menjalin kerjasama regional untuk melawan kejahatan eksterimisme dan kejahatan transnasional lainnya. 
Selain itu, peningkatan pertukaran informasi dan penanganan yang praktis adalah cara yang efektif diantara para penegak hukum dan mengembangkan metode bersama yang efektif saat dibutuhkan untuk melawan terorisme dan kejahatan transnasional.
 
Syafrudin mengatakan, dunia menghadapi permasalahan substansial yang sama yaitu terorisme dan kelompok radikal lainnya. Negara-negara regional dan organisasi terkemuka lainnya di dunia harus bekerjasama untuk mengembangkan strategi melawan terorisme dan kejahatan transnasional dengan profesionalisme dan efisiensi. 
 
"Strategi pelaksanaan dan pendekatan yang terintegrasi harus segera diambil untuk membuat wilayah menjadi baik dan aman untuk hidup dan bekerja," ujarnya.
 
Pertemuan ini juga dihadiri oleh Sekjen Interpol bersama kolega-kolega lainnya, seperti FBI, ICITAP, dan Aseanapol. Kepala kepolisian dari Afghanistan, Myanmar, Sri Lanka ikut menghadiri konferensi ini, termasuk delegasi senior dari Australia, Bhutan, Brunei Darussalam, China, Indonesia, India, Malaysia, Maladewa, Nepal, Korea Selatan, dan Vietnam.

Pertemuan ini dihadiri oleh 21 delegasi dari berbagai negara. Fokus utama pembahasan di forum ini adalah masalah terorisme, pembatasan gerak eksrimisme dan transnasional crime.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper