Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkutan Lebaran 2017 : KAI Sediakan 222.014 Kursi Per Hari

PT Kereta Api Indonesia menyediakan 222.014 tempat duduk per hari bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api dalam masa angkutan lebaran 2017.
Pemudik Kereta Api /Antara
Pemudik Kereta Api /Antara

Kabar24.com, JAKARTA—PT Kereta Api Indonesia menyediakan 222.014 tempat duduk per hari bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api dalam masa angkutan lebaran 2017.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan, jumlah tempat duduk yang disediakan oleh perusahaan selama masa angkutan lebaran pada tahun ini mengalami peningkatan sebesar 2,1% dibandingkan dengan tahun lalu.

“Sampai rapat terakhir, kita dapat angka total seat yang disediakan sementara waktu 222.014. naik 2,1% daripada tahun lalu 217.364 seat,” kata Edi, Jakarta, Rabu (15/3).

Dia mengungkapkan 222.014 tempat duduk yang disediakan tersebut terdiri dari 200.154 tempat duduk per hari kereta api reguler jarak jauh, sedang, dan lokal. Sementara sisanya, sebesar 21.860 tempat duduk per hari berasal dari kereta api tambahan.

Perusahaan, paparnya selama masa angkutan lebaran 2017 menyediakan 331 perjalanan kereta api reguler yang terdiri dari kereta api jarak jauh, sedang, dan lokal. Sementara untuk kereta api tambahan, ungkapnya KAI menyiapkan 38 perjalanan kereta api tambahan.

Dia mengungkapkan, jumlah perjalanan kereta api reguler dan kereta api tambahan yang disediakan perusahaan guna mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan moda transportasi angkutan lebaran yang sangat tinggi.

Terkait dengan jumlah penumpang, di menyatakan, perusahaan memproyeksikan akan terjadi peningkatan volume penumpang kereta api jarak jauh dan menengah kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi sebesar 13.128 orang per hari pada periode angkutan tahun ini dibandingkan periode angkutan lebaran tahun lalu.

Tanpa menyebutkan dengan pasti jumlah kereta, Edi mengatakan, perusahaan akan mengoperasikan beberapa kereta baru pada masa angkutan lebaran tahun ini.

Dia menyatakan, perusahaan menetapkan masa angkutan lebaran selama 22 hari pada masa angkutan lebaran tahun ini. Masa angkutan lebaran tersebut, yakni dari 15 Juni 2017 atau H – 10 lebaran sampai dengan 6 Juli 2017 sampai H + 10 lebaran

Adapun terkait dengan puncak arus mudik, dia mengatakan perusahaan memperkirakan akan terjadi pada Kamis 22 Juni 2017 atau H – 3 lebaran. Sementara puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Sabtu, 1 Juli 2017 atau H + 6 lebaran.

Terkait dengan pendapatan yang akan diperoleh perusahaan selama masa angkutan lebaran tahun ini, dia enggan memberitahukannya.

Sementara itu, Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Suprapto mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan 52 perjalanan KA reguler dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dia menjelaskan, total kapasitas tempat duduk KA reguler yang telah disiapkan dari Daop 1 Jakarta berjumlah 29.560 tempat duduk per hari.

Adapun terkait dengan kereta api tambahan yang beroperasi dari wilayah Daop 1 Jakarta berjumlah 15 perjalanan kereta api dengan total tempat duduk mencapai 17.000 per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper