Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bayi Batu di Jambi Diawetkan

Bayi yang sudah membatu yang dilahirkan seorang perempuan di Jambi diawetkan untuk keperluan dunia pendidikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi tempat perempuan tersebut melahirkan.
Tim dokter RSUD Raden Mattaher Jambi memperlihatkan bayi yang telah membatu, Selasa (7/3)/Antara
Tim dokter RSUD Raden Mattaher Jambi memperlihatkan bayi yang telah membatu, Selasa (7/3)/Antara

Kabar24.com, JAMBI - Bayi yang sudah membatu yang dilahirkan seorang perempuan di Jambi diawetkan untuk keperluan dunia pendidikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi tempat perempuan tersebut melahirkan.

Ketua Tim Medis Operasi pengangkatan bayi tersebut, dr Pariyanto, di rumah sakit setempat, Rabu (8/3/2017), mengatakan, berdasarkan diskusi bersama sang ibu dan keluarga, bayi yang sudah membatu, karena sudah 37 tahun berada dalam kandungan itu diamanahkan untuk disimpan pihak rumah sakit.

"Ini kejadian langka, dan rumah sakit sudah dapat izin dari keluarga yang mengamanahkan untuk di simpan/diawetkan yang kegunaannya untuk dunia pendidikan," katanya.

Paryanto menjelaskan, kejadian ini merupakan kejadian langka. Hanya ada 300 kasus terjadi di dunia dan di Jambi adalah kasus kali pertama.

Sebab itu, amanah sang ibu yang sudah berusia 60 tahun itu dinilai sangat bermanfaat untuk penelitian. Apalagi banyak dokter muda yang belum mengetahui bentuk bayi yang sudah membatu.

Menurutnya, fenomena ini terjadi ketiga sperma gagal kembali ke rahim. Namun, biasanya sel telur tetap berkembang di perut atau di luar rahim. Tapi, kasus kali ini yakni gagalnya sperma kembali ke rahim dan anehnya malah menempel di penggantung rahim dan sembunyi di belakang rahim.

"Akibat kurangnya makanan, bayi tersebut akhirnya mengecil dan mengeras hingga membatu. Kesulitan operasi karena posisi bayi berada di belakang rahim. Ini fenomena tidak lazim," ujarnya.

Mumi

Pelaksana Tugas (PLT) Direktur RSUD Raden Mattaher, dr Iwan membenarkan, bahwa bayi yang sudah membatu itu diserahkan ke rumah sakit.

Iwan menjelaskan, bayi sudah menjadi mumi dan membatu itu diangkat dari perut sang ibu melalui proses operasi di Kamar Operasi RSUD Raden Mattaher Jambi.

"Pasien ditangani oleh dr Paryanto Spog. Operasi berlangsung sekitar 2,5 jam, pada Senin (6/3/2017) kemarin," ujarnya.

Bayi yang sudah membatu itu disinyalir dokter berada di dalam perut sang ibu selama 37 tahun.

"Waktu dikeluarkan, bayinya sudah membatu. Karena terlalu lama dalam kandungan, bayi itu mengalami mumifikasi atau menjadi mumi," kata Iwan menjelaskan.

Iwan menambahkan, peristiwa bayi menjadi mumi dan membatu adalah momen langka di dunia. Peristiwa ini disebut litopedion atau bayi batu dan ditemukan 300 kasus dalam 400 tahun terakhir.

Peristiwa langka ini diketahui setelah sang ibu memeriksakan diri ke dokter. Anehnya keluhan yang diderita perempuan itu hanya sulit buang air besar (BAB) selama bertahun-tahun.

Saat diperiksa, ditemukan benjolan pada perut bawah sang ibu dan dugaan semula adalah tumor, namun setelah dianalisa tim dokter ternyata ada bayi di dalamnya perut pasien sehingga dilakukanlah operasi dan tim medis berhasil mengangkat bayi tersebut.

Sayangnya, sang ibu dan keluarga belum bersedia diminta keterangan. Informasi awal perempuan tersebut beralamat di Kelurahan Sridadi, Kabupaten Batanghari. Dia hanya memiliki satu anak laki-laki yang berusia 39 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper