Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persi Imbau Semua Rumah Sakit Miliki Laundry Terstandar

Setiap rumah sakit dihimbau untuk memiliki laundry atau tempat pencucian linen terstandar sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Kesehatan.
Ilustrasi/Jibi
Ilustrasi/Jibi

Kabar24.com, JAKARTA - Setiap rumah sakit dihimbau untuk memiliki laundry atau tempat pencucian linen terstandar sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Kesehatan.

Lia G. Pertakusuma, Ketua Kompartemen Manajemen Penunjang Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), mengatakan pengelola rumah sakit (RS) mempunyai pilihan untuk melakukan outsource dengan monitoring ketat kepada penyedia jasa laudry pihak lain.

Menurutnya, belum semua RS di Indonesia menyediakan manajemen laundry yang terstandar. Padahal, bahaya penularan kuman patogen lewat linen dan pakaian dapat mengakibatkan infeksi, bertambahnya waktu opname di RS, serta tambahan biaya perawatan bagi pasien.

"Persi ingin membangun kesadaran pengelola rumah sakit untuk memiliki manajemen laundry yang benar. Selama ini laundry masih dipandang sebagai hal yang tidak terlalu penting, bahkan lokasi dan peralatannya seringkali kurang diperhatikan oleh manajemen rumah sakit," ujarnya, Senin.
 
Aturan mengenai laundry terstandar diatur dalam ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. Aturan tersebut juga telah diadopsi oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit sebagai syarat proses akreditasi rumah sakit.

Lia menambahkan, rumah sakit perlu memiliki komitmen dan kemampuan menganalisa kebutuhan laundry atau tempat pencucian linen, mempunyai kompetensi untuk mengerti proses, terutama dalam menjaga mutu hasil.

"Perlu dipikirkan lebih lanjut mengenai sistem pengawasan terhadap laundry rumah sakit, sebab pasien mempunyai hak untuk mendapat pelayanan terbaik dan aman dari rumah sakit."

Teddy Tjoegito, ketua Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (Apli) Divisi Laundry Rumah Sakit, menjelaskan sering mengunjungi berbagai jenis rumah sakit di Indonesia dan menemukan masih banyak yang tidak memiliki mesin laundry standar RS atau melakukan outsource ke laundry yang tidak punya mesin laundry standar RS .

“Padahal mesin laundry RS harus menggunakan suhu air panas 70 derajat atau 95 derajat, menggunakan jenis deterjen dan disinfektan yang ramah lingkungan, serta ada pemisahan antara linen infeksius dan linen non-infeksius,” tambahnya.

Oleh karena itu, kata Lia, Persi mendukung PT Media Artha Sentosa menyelenggarakan Expo Clean & Expo Laundry 2017 yang akan diselenggarakan untuk ke-4 kalinya pada 23-25 Maret 2017.

Expo Clean merupakan pameran dagang yang menampilkan berbagai produk dan teknologi kebersihan, mulai dari kebersihan komersil, kebersihan industri, kebersihan publik, hingga kebersihan rumah dan pribadi.

Adapun Expo Laundry merupakan pameran dagang yang menampilkan berbagai produk dan mesin laundry.

Teddy Halim, Direktur PT Media Artha Sentosa, menjelaskan Expo Clean & Expo Laundry 2017 hadir lebih besar dan lebih banyak, tidak kurang dari 250 pemain industri cleaning dan laundry dari dalam dan luar negeri, dan diharapkan dapat menarik hingga 10.000 pengunjung bisnis.

Produsen peralatan kebersihan kelas dunia dari Jerman juga hadir sebagai principal partner.

Senior Business Development Kaercher Indonesia, Fifit Fitria mengatakan dalam pameran perusahaan akan memamerkan berbagai alat dan mesin kebersihan berkualitas yang sesuai dengan standar kebersihan rumah sakit, dan tentu saja untuk gedung-gedung komersil juga.

"Kami berharap agar produk-produk kami dapat membantu para pekerja cleaning service termasuk dalam memenuhi standar kebersihan di rumah sakit,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper