Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendagri Bantah Sistem Administrasi Kependudukan Lumpuh

Kemendagri Bantah kabar yang menyebut sistem administrasi kependudukan dan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) terancam lumpuh, karena ketidaksiapan infrastruktur.

Kabar24.com, JAKARTA—Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membantah kabar yang menyebut sistem administrasi kependudukan dan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) terancam lumpuh, karena ketidaksiapan infrastruktur.

Zudan Arif Fakrullah, Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di Kemendagri, mengatakan hingga kini proses administrasi kependudukan masih tetap berjalan. Perekaman data kependudukan pun masih terus berjalan di sejumlah daerah.

“Kenyataan yang ada saat ini adalah sistem administrasi kependudukan dan e-KTP berjalan dengan baik,” katanya, Kamis (2/3).

Zudan menuturkan pada periode Januari-Februari 2017 sudah dilaksanakan pencetakan terhadap 101.798 keping e-KTP di seluruh daerah.

Bahkan, saat ini pemerintah juga melaksanakan proses lelang blanko e-KTP dengan jumlah 7 juta keping blanko. Targetnya, blanko tersebut akan tersedia untuk didistribusikan ke daerah pada pekan ketiga Maret 2017.

“Saat ini, masyarakat yang telah melakukan perekaman data kependudukan dan berstatus print ready record [PRR] akan segera dicetak dan diserahkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Setidaknya ada 4,5 juta jiwa penduduk Indonesia yang telah melakukan perekaman data kependudukan dan berstatus PRR.

Selain itu, Zudan juga memastikan jaminan pemerintah terhadap keamanan data kependudukan yang tersimpan di server database yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Utara untuk e-KTP, sedangkan data pelayanan SIAK tersimpan di Kalibata, serta DRC Batam untuk mem-back up data e-KTP seluruh penduduk Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper