Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dikbud Sedang Bikin Soal Ujian Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan proses pembuatan soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) masih berlangsung.
Ujian Nasional/Antara
Ujian Nasional/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan proses pembuatan soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) masih berlangsung.

"Proses pembuatan soal masih berlangsung dan dibantu pendanaannya oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)," ujar Kepala Balitbang Kemdikbud, Totok Suprayitno, di Jakarta, Selasa (28/2/207).

Pembuatan soal tersebut dilakukan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), lanjut Totok Suprayitno, karena prinsipnya sama dengan ujian sekolah. Perbedaannya adalah pemerintah pusat memberikan panduan soal-soal yang akan dibuat.

"Nah, panduan ini sudah disalurkan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)".

Berbeda dengan tahun sebelumnya, juga dilakukan USBN yang meningkatkan mutu ujian sekolah.

Sebelumnya, pada UN tingkat SMA terdapat enam mata pelajaran yang diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan tiga mata pelajaran sesuai jurusan. Untuk jurusan IPA, ditambah mapel Fisika, Kimia, dan Biologi; untuk jurusan IPS, ditambah mapel Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi; dan untuk jurusan Bahasa, ditambah mapel Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing.

Kemudian, pada UN 2017 untuk tingkat SMA hanya ada empat mata pelajaran yang diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan. Siswa dibebaskan memilih satu di antara tiga mata pelajaran dalam jurusannya sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Namun, untuk USBN, ketiga mata pelajaran yang ada dalam tiap jurusan (IPA/IPS/Bahasa) tersebut tetap menjadi mata pelajaran yang diujikan. Ada enam mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMA. Selain tiga mata pelajaran berdasarkan jurusan, USBN juga akan menguji siswa untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, PPKN, dan Sejarah.

Sementara, untuk mata pelajaran UN tingkat SMP pada 2017 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. UN tingkat SMP akan menguji mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Kemudian mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMP adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS.

Untuk UN tingkat SMK pada 2017 juga tetap menguji empat mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. Kemudian mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMK adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan Keterampilan Komputer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper