Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Partai Oposisi Cari Cara impeachment Presiden Sementara Korsel

Partai-partai oposisi di Korea Selatan mengatakan mereka akan mencari cara untuk melakukan impeachment terhadap Presiden sementara Korea Selatan.
Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye./Antara
Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye./Antara

Bisnis.com, SEOUL -- Partai-partai oposisi di Korea Selatan mengatakan mereka akan mencari cara untuk melakukan impeachment terhadap Perdana Menteri  Korea Selatan Hwang Kyo-ahn yang kini bertindak sebagai presiden sementara yang membatasi keputusan-keputusannya pada skandal korupsi di negara itu.

Hwang Kyo-ahn memutuskan untuk tidak memperpanjang penyelidikan kejaksaan khusus yang melibatkan pendahulunya, Presiden Park Geun-hye. Jaksa ingin lebih banyak waktu untuk menanyainya atas skandal tersebut.

Seperti diketahui Presiden Park Geun Hye menunggu putusan terpisah pada impeachment Desember dari mahkamah konstitusi negara itu. Secara teknis Park masih menjadi presiden, meskipun ia telah dilucuti dari kekuatannya saat Mahkamah Konstitusi  memutuskan nasibnya. Selama dia masih presiden, dia kebal dari tuntutan hukum.

Tapi penyelidikan korupsi yang lebih luas yang muncul dari skandal itu akan berakhir pada hari Selasa, sebelum jaksa khusus memiliki kesempatan untuk mempertanyakan pada Presiden Park. Penyelidikan lebih lanjut akan jatuh ke jaksa negara individu.

Hwang, yang tetap menjadi perdana menteri ketika Park duduk di kursi presiden, mengatakan  melanjutkan penyelidikan bukan merupakan kepentingan terbaik bangsa.

"Setelah banyak pertimbangan, Hwang  memutuskan bahwa akan lebih baik bagi stabilitas negara untuk tidak memperpanjang penyelidikan khusus dan jaksa untuk mengambil alih," kata juru bicaranya.

Choo Mi-ae, pemimpin Partai Demokrat oposisi utama, mengatakan keputusan Hwang menunjukkan ia sedang berusaha "untuk menjadi perisai Park guna melindungi dirinya dan rekan-rekannya".

Presiden Park diberhentikan sepekan setelah seorang teman lamanya Choi Soon-sil, ditangkap. Dalam sebuah pernyataan tertulis, Senin (27/2/2017), Park menyatakan dirinya tak bersalah, tetapi dia mengaku menyesal,  seharusnya dia lebih berhati-hati untuk memberikan kepercayaannya.

Pada  20 November, Choi didakwa dengan berbagai pelanggaran, termasuk penyalahgunaan wewenang, pemaksaan, penipuan berusaha, dan akan mengarah ke penyelidikan yang lebih luas.Seorang eksekutif senior di perusahaan elektronik Samsung juga ditangkap sehubungan dengan kasus suap.

Samsung dituduh memberikan sumbangan untuk yayasan non-profit yang dioperasikan oleh Choi dalam pertukaran  bantuan pemerintah.  Presiden Park akan dimintai keterangan terakhirnya di mahkamah konstitusi pada Senin. Namun belum diketahui kapan putusan akhir akan disampaikan. Pengadilan dapat menolak impeachment atas Park, memulihkan kekuatannya dan mengembalikan status quonya. Akan tetapi jika MK menyetujui keputusan parlemen, pemilihan presiden harus diadakan.

Ratusan ribu demonstran telah turun ke jalan-jalan menyerukan presiden terguling untuk segera mundur, daripada terus berjuang menghadapi impeachment-nya di pengadilan konstitusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper