Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamis, 2 Maret, Masjid Istiqlal Ditutup Untuk Umum Usai Shalat Dhuhur

Sekaitan kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi ke Indonesia, termasuk melakukan shalat penghormatan mesjid di Istiqlal, pada Kamis (2/3/2017) mesjid terbesar di Asia Tenggara itu akan ditutup sementara untuk umum.
Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud/Reuters-Gary Cameron
Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud/Reuters-Gary Cameron

Kabar2.com, JAKARTA - Sekaitan kunjungan Raja Salman dari Arab Saudi ke Indonesia, termasuk melakukan shalat penghormatan mesjid di Istiqlal, pada Kamis (2/3/2017) mesjid terbesar di Asia Tenggara itu akan ditutup sementara untuk umum.

Penutupan Mesjid Istiqlal dilakukan setelah shalat Dhuhur atau pada Kamis siang.

Di sisi lain, Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abd Salam mengatakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz tidak akan melakukan tur berkeliling di Istiqlal.

"Dalam agenda, tidak ada tur keliling masjid seperti tamu negara lainnya," kata Abu saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu (25/2/2017).

Lebih lanjut, Abu mengatakan kehadiran Raja Salman di Istiqlal berbeda jika dibandingkan kehadiran presiden dan lain yang sebelumnya pernah mendatangi masjid terbesar Asia Tenggara itu. Orang nomor satu di Saudi tersebut hanya akan melaksanakan shalat penghormatan terhadap masjid atau tahiyatul masjid di Istiqlal.

Raja Salman rencananya akan menuju ruangan VIP, mengisi buku tamu dan menuliskan kesan pesan untuk Istiqlal. Kemudian sembari Raja Salman berjalan, pihak penerima tamu akan menceritakan sejarah Masjid Istiqlal.

Terkait kedatangan raja dan delegasi Saudi itu, kata dia, kawasan Istiqlal kemungkinan akan ditutup setelah shalat Dhuhur, Kamis (2/3).

"Sterilisasi dari masyarakat umum akan dilakukan setelah shalat Dhuhur sehingga kemungkinan masyarakat tetap dapat beribadah shalat Dhuhur. Setelah beliau selesai kunjungan, area Istiqlal baru dibuka kembali," kata dia.

Terkait banyaknya tamu negara yang datang ke Istiqlal nanti, lanjut Abu, pengelola masjid menyiapkan area parkir kendaraan. Diperkirakan, area parkir akan dipenuhi kendaraan delegasi Saudi berikut kendaraan pejabat Indonesia.

"Rombongan kerajaan rencananya akan menggunakan area parkir khusus, ada 1.500 orang dari mereka menggunakan parkir rombongan. Ini belum termasuk pejabat yang mendampingi, parkir untuk pengantar akan diatur bagi delegasi tamu VIP nanti," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper