Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

'Great Wall' Antara AS dan Meksiko Diwujudkan? Inilah Gelagat Trump

Rencana pembangunan tembok antara Amerika Serikat dan Meksiko, yang dijanjikan Donald Trump pada masa kampanye Pemilihan Presiden 2017, nampaknya bakal diwujudkan. Lantaran, Pemerintahan Trump mulai meminta ide dari kontraktor tentang bagaimana membangun dinding.
Pemandangan   yang menunjukkan bagian dari tembok perbatasan AS-Meksiko yang baru dibangun di Sunland Park, AS berhadapan dengan kota perbatasan Meksiko Ciudad Juarez, Meksiko, 9 November 2016. Gambar diambil dari sisi Meksiko perbatasan  AS- Meksiko/Reuters
Pemandangan yang menunjukkan bagian dari tembok perbatasan AS-Meksiko yang baru dibangun di Sunland Park, AS berhadapan dengan kota perbatasan Meksiko Ciudad Juarez, Meksiko, 9 November 2016. Gambar diambil dari sisi Meksiko perbatasan AS- Meksiko/Reuters

Bisnis.com, NEW YORK - Rencana pembangunan tembok pemisah antara Amerika Serikat dan Meksiko, yang dijanjikan Donald Trump pada masa kampanyenya pada Pemilihan Presiden 2017, bakal diwujudkan.  Pemerintahan  Trump mulai meminta ide dari kontraktor tentang bagaimana membangun dinding.

 

Ini  menjadi langkah nyata pertama ke arah terwujudnya  janji kampanye presiden untuk mengekang imigrasi yang tidak sah.

Reuters pada Kamis (24/2/2017) melaporkan,  'dinding' Presiden Donald Trump  di sepanjang perbatasan AS-Meksiko akan  menjadi serangkaian pagar dan dinding berbiaya  US$21,60 miliar dan pembangunannya akan menghabiskan waktu  lebih dari tiga tahun, demikian  laporan internal US Department Homeland Security yang dilihat oleh Reuters, Kamis (24/2/2017).

Laporan ini memperkirakan harga tembok itu jauh lebih tinggi dari angka US$12 miliar yang dikutip dari  pernyataan Trump dalam kampanye dan lebih tinggi dari  perkiraan  Ketua DPR dari Partai Republik Paul Ryan dan Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, US$15 miliar.

 

PERMINTAAN BEA CUKAI

 

Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS, yang  telah mengeluarkan permintaan untuk proposal  awal  pada Jumat (25/2/2017),  mengatakan pihaknya berencana untuk merilis  ajakan resmi sekitar 6 Maret  "untuk  prototipe desain  dan membangun beberapa struktur dinding  di sekitar perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko."

-----------------------------------------------------------------------

BACA

 

----------------------------------------------------------------------

 

Vendor diminta untuk menyerahkan konsep prototipe pada  10 Maret.  Mereka, sebelumnya akan mengajukan proposal  termasuk harga pada 24 Maret.  "Beberapa harga  yang dimaksud" pada pertengahan April," katanya. Sampai kini belum ada yang menyebutkan nilai  proyek tersebut.

Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif  bulan lalu untuk memulai langkah awal dalam membangun dinding,  yang bisa menjangkau hampir 2.000 mil (3.218 kilometer) dari Teluk Meksiko ke Samudera Pasifik. Tidak ada perkiraan biaya dimasukkan, dan Sekretaris Keamanan Dalam Negeri John Kelly mengatakan rencananya adalah untuk  "mengamankan perbatasan selatan kami dengan hambatan fisik, teknologi canggih, dan penyebaran strategis aparat penegak hukum."

 

BACA: Begini Khawatir dan Takutnya Para Imigran di AS

 

Konstantin Kakaes,  keamanan internasional  New America Foundation,  telah memperkirakan biaya dari 1.000 mil dinding beton dengan tinggi  50 kaki  dengan 10 kaki di bawah tanah,  US$38 miliar.

Perusahaan konstruksi yang mengerjakan  proyek untuk pemerintah federal dan dapat menanggapi permintaan untuk proposal  awal  lebih cepat meliputi: Bechtel Group Inc, yang membangun bandara dan pembangkit listrik tenaga nuklir dan telah melakukan pekerjaan bagi AS sejak awal fiskal 2013  dengan nilai hampir  US$ 3 miliar;  BL Harbert International Inc (US$2 miliar); dan Caddell Construction Co (US$1,9 miliar).

Salah satu manfaat terbesar dari  dinding Trump  mungkin  diperoleh Meksiko Cemex SAB, pembuat semen terbesar di Amerika,  Bloomberg News melaporkan Januari 25.  Ini akan menjadi salah satu perusahaan terbaik untuk mendapatkan keuntungan karena memiliki operasi pada kedua sisi perbatasan.

 

ADA PERBEDAAN

 

Pada Jumat (25/2/2017) Gedung Putih mengatakan  bahwa Presiden Donald Trump dan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengakui  perbedaan mereka atas rencana Trump untuk membangun dinding di perbatasan AS selatan, tetapi   sepakat untuk 'bekerja mengeluarkan perbedaan ini".

"Sehubungan dengan pembayaran untuk dinding perbatasan, kedua presiden mengakui perbedaan yang jelas dan tentang posisi mereka di  publik  mengenai masalah ini, tetapi telah sepakat untuk bekerja dalam perbedaan ini sebagai bagian dari diskusi komprehensif tentang semua aspek dari hubungan bilateral," ujar satu pernyataan Gedung Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper