Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nasib Presiden Korsel Ditentukan Akhir Bulan Ini

Mahkamah Konstitusi Korea Selatan akan mengadakan sidang pemakzulan terakhirnya untuk memutuskan nasib Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, pada akhir bulan, demikian dilaporkan Yonhap News Agency, Rabu waktu setempat (22/2/2017).
Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye./Antara
Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye./Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi Korea Selatan akan mengadakan sidang pemakzulan terakhirnya untuk memutuskan nasib Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, pada akhir bulan, demikian dilaporkan Yonhap News Agency, Rabu waktu setempat (22/2/2017).

Park dimakzulkan Parlemen Korea Selatan pada Desember atas skandal korupsi yang melibatkan tangan kanannya Choi Soon-sil dan dia dinonaktifkan sambil menunggu putusan pengadilan.

Pengadilan awalnya berencana merampungkan persidangan pada pekan ini, tapi menunda keputusan mereka hingga 27 Februari setelah "pengacara presiden meminta tambahan waktu," ungkap Yonhap, mengutip pelaksana tugas kepala pengadilan Lee Jung-mi.

Putusan akhir kemungkinan akan diambil paling cepat 13 Maret, imbuh laporan itu.

Jika pengadilan mendukung pemakzulan tersebut, Park akan segera diberhentikan dari jabatannya dan pemilihan presiden harus diselenggarakan dalam waktu 60 hari.

Skandal itu berpusat pada Choi, yang dituduh memanfaatkan hubungan dekatnya dengan Park untuk memaksa perusahaan-perusahaan lokal "menyumbangkan" hampir 70 juta dolar Amerika Serikat (sekitar Rp935,1 miliar) kepada yayasan nirlaba yang diduga dia gunakan untuk kepentingan pribadi.

Penyelidikan atas skandal tersebut berujung pada penangkapan beberapa pejabat pemerintah senior dan interogasi sejumlah pengusaha paling berpengaruh Korea Selatan atas dugaan keterlibatan mereka, termasuk pewaris Samsung, Lee Jae-yong yang ditahan pekan lalu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper