Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Media Massa Musuh Rakyat AS: Ini Sentilan Menhan untuk Donald Trump

Sejumlah pihak di Amerika Serikat meyakini bahwa kebebasan pers menjadi bagian dari demokrasi yang harus diakui keberadaanya.
Donald Trump
Donald Trump

Kabar24.com, JAKARTA — Sejumlah pihak di Amerika Serikat meyakini bahwa kebebasan pers menjadi bagian dari demokrasi yang harus diakui keberadaanya.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis menyatakan dirinya sampai sejauh ini tak memiliki masalah dengan media massa. Saat kunjungannya ke Timur tengah, Mattis menanggapi pertanyaan yang diajukan media setempat terkait cuitan Presiden Trump yang menyatakan media sebagai musuh rakyat Amerika Serikat (AS).  

“Saya meyakini press adalah bagian dari konsitusi yang keberedaanya diakui,” kata Mattis seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (19/2/2017).

Mattis yang merupakan Jenderal pensiunan marinir AS dinilai memiliki suara yang berpengaruh dalam kabinet Trump. Meski tak menyebut langsung bahwa dirinya tak sepakat dengan pernyataan Trump, Mattis menegaskan pentingnya peran pers.

Sikap berbeda justru ditunjukkan Trump yang terus gamang dengan pemberitaan yang dibuat oleh media. Beragam ungkapan telah dia keluarkan baik melalui konverensi pers maupun status di halaman jejaring sosial miliknya.

Sementara itu, Senator AS John McCain menegaskan bahwa bentuk pembatasan media massa sebagai awal dari munculnya sistem pemerintahan yang diktator. Dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun televisi di AS, dirinya menegaskan untuk menjaga kebebasan dan peran media massa.

“Jika ingin menjalankan demokrasi, maka kebebasan pers tidak dapat dipisahkan,” tegas McCain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper