Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelapkan 1,1 Miliar Pulsa, Pria Ini Diamankan Polisi

Seorang pria berinisial HJ bin M diamankan polisi setelah sempat menggelapkan lebih dari satu miliar pulsa dari PT Sepulsa Indonesia.
Ilustrasi/Jibiphoto
Ilustrasi/Jibiphoto

Kabar24.com, JAKARTA - Seorang pria berinisial HJ bin M diamankan polisi setelah sempat menggelapkan lebih dari satu miliar pulsa dari PT Sepulsa Indonesia.

Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya Aris Priyono menyebutkan bahwa terhitung 11 November 2016 lalu, HJ telah bekerja di PT Sepulsa Indonesia sebagai customer service yang memungkinkan dirinya mengakses sistem perusahaan yang berfungsi untuk memindahkan atau mentransfer pulsa kepada pelanggan.

Namun, dalam pelaksanaannya, akses ini dimanfaatkan oleh tersangka untuk mencuri atau mentransfer pulsa dari sistem yang dimiliki perusahaan ke beberapa akun yang sudah disiapkan.

“Yang bersangkutan diberikan kewenangan untuk mengakses langsung ke sistem-sistem perusahaan untuk mengambil atau memindahkan pulsa yang ada di perusahaan tersebut. Sehingga akses tersebut dimanfaatkan oleh yang bersangkutan untuk memindahkan atau mentransfer pulsa dari perusahaan ke beberapa account yang sudah disiapkan oleh pelaku, yang mana pelaku berhasil atau sempat memindahkan kurang lebih 1,1 miliar [pulsa],” jelas Aris, Jumat (17/2/2017).

Hingga saat diamankan, HJ telah menggunakan pulsa sebesar 150 juta untuk berbagai keperluan  seperti untuk pembayaran token listrik, penjualan pulsa, dan pembelian poin aplikasi online.

Adapun barang bukti yang berhasil disita polisi dalam kasus ini antara lain satu unit laptop merek Lenovo, satu unit ponsel pintar iPhone 5s, dan data transaksi kredit pulsa. Atas perbuatannya HJ dikenai pasal 374 KUHP dan 372 KUHP terkait penggelapan dalam jabatan dan atau penggelapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper