Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahasa Indonesia Diajarkan di Universitas Budapest Business School of Applied Sciences

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring dengan peran Indonesia yang diyakini akan semakin meningkat di kancah global dalam waktu yang akan datang, membuat warga Hongaria semakin berminat untuk mempelajari Bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia/Istimewa
Bahasa Indonesia/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Seiring dengan peran Indonesia yang diyakini akan semakin meningkat di kancah global dalam waktu yang akan datang, membuat warga Hongaria semakin berminat untuk mempelajari Bahasa Indonesia.

Hal ini antara lain ditunjukkan oleh Budapest Business School of Applied Sciences (BBS) yang resmi membuka kursus Bahasa Indonesia di kampusnya pada Selasa (14/2/2017).

Duta Besar RI untuk Hongaria, Y.M. Wening Esthyprobo, mengapresiasi BBS yang telah membuka kursus bahasa Indonesia sebagai salah satu kursus bahasa yang bisa dipilih mahasiswa untuk menyelesaikan studi. 

BBS memang mewajibkan mahasiswanya menguasai dua bahasa asing untuk S1 dan tiga bahasa asing untuk S2 sebagai syarat kelulusan dan membantu menyediakan kursus bahasa bagi para mahasiswa.

"Belajar bahasa asing sangat menguntungkan terutama bahasa Indonesia yang dipakai sebagai bahasa utama 258 juta penduduknya. Selain dapat memperluas pergaulan, keterampilan berbahasa asing juga dapat menjadi modal untuk meningkatkan kualitas individu," katanya lewat keterangan tertulis, Rabu (15/2/2017).

Di hadapan peserta kursus bahasa Indonesia Dubes Wening juga menyinggung potensi ekonomi Indonesia dan perkembangannya. "Saya meyakini, Indonesia akan semakin besar dan kalian akan belajar banyak tidak hanya bahasa, namun juga budaya dan keindahan lainnya."

Tamas Novak, Director of International Affairs of BBS sekaligus Ketua Jurusan Oriental Studies di kampus tersebut menyampaikan dipilihnya bahasa Indonesia karena BBS meyakini bahwa di masa yang akan datang peran Indonesia akan meningkat di dunia internasional dan di kawasan Asia pada khususnya.

Hal ini diprediksi akan menambah kerja sama dan penelitian-penelitian di bidang ilmu-ilmu sosial dan mempelajari bahasa akan dapat memperlancar kerja sama.
 
Peminat kursus bahasa Indonesia cukup tinggi. Saat ini kuota yang ditentukan yaitu 15 orang/kelas, tetapi mendaftar telah mencapai 39 orang sehingg membuat BBS mempertimbangkan membuka dua kelas khusus untuk bahasa Indonesia. Namun, rencana tersebut terkendala dengan tenaga pengajar sebab tenaga pengajar kursus saat ini merupakan staf KBRI Budapest yang menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Hongaria.

BBS merupakan salah satu sekolah tinggi terbaik di Hongaria yang memiliki kelas-kelas internasional dan telah memiliki kerja sama pendidikan dengan universitas-universitas di Indonesia seperti Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Mercu Buana dan Universitas Gadjah Mada. 

Selain BBS, KBRI Budapest juga menerima permintaan tenaga pengajar Bahasa Indonesia dari Hajtomu Language School. Perkembangan positif ini menunjukkan semakin meningkatnya minat warga/pelajar Hongaria terhadap Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper