Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Promosikan Lulusan Pendidikan Tinggi Prancis dan Indonesia, IFI Gelar Kompetisi Tesis

Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar kompetisi MT80 (My Thesis in 3 Minutes) yang terbuka bagi para mahasiswa atau lulusan S3 seluruh Indonesia. Pendaftaran masih dibuka hingga 17 Februari, sedangkan final tingkat nasional akan digelar di Yogyakarta pada 3 Mei 2017 bersamaan dengan Joint Working Group Indonesia-Prancis.

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar kompetisi MT80 (My Thesis in 3 Minutes) yang terbuka bagi para mahasiswa atau lulusan S3 seluruh Indonesia. Pendaftaran masih dibuka hingga 17 Februari, sedangkan final tingkat nasional akan digelar di Yogyakarta pada 3 Mei 2017 bersamaan dengan Joint Working Group Indonesia-Prancis.

Atase Kerjasama Ilmiah Kedutaan Besar Prancis di Indonesia Bapak Nicolas Gascoin menyampaikan peneliti muda memiliki kemampuan di atas rata-rata, tetapi mereka kesulitan menemukan pekerjaan selain di universitas-universitas. Padahal, banyak perusahaan Prancis di Indonesia yang membutuhkan mereka.

 "Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat memperkenalkan hasil-hasil penelitian mereka, mempromosikan lulusan pendidikan tinggi Prancis dan Indonesia, serta memasyarakatkan riset dengan cara yang menyenangkan dan inovatif. Kompetisi ini juga sebagai sebuah penghormatan kepada para peneliti muda ini," tuturnya dalam keterangan resmi.

Kompetisi MT180 ditujukan untuk mahasiswa doktoral dan doktor muda. Para peserta diminta mempresentasikan tesis mereka dalam bahasa Prancis dengan menggunakan istilah-istilah yang mudah dimengerti publik awam.

Dalam waktu 180 detik, mereka harus dapat membuat pemaparan yang jernih, efisien dan meyakinkan tentang proyek penelitian mereka. Setiap peserta hanya diperbolehkan mempergunakan satu buah slide presentasi.

Presentasi mereka dinilai berdasarkan kualitas dan orisinalitas subyek penelitian mereka, pembawaan mereka di atas panggung dan kemampuan menonjolkan daya tarik penelitian mereka.

Kompetisi ini terinspirasi dari Three Minute Thesis (3MT®) yang digagas oleh Universitas Queensland, Australia. Konsep ini pertama kali diaplikasikan ke dalam bahasa Prancis pada 2012 di Québéc oleh Association Francophone pour le Savoir (Acfac) yang kemudian mengembangkannya agar dapat diikuti oleh negara-negara frankofon (atau berbahasa Prancis). Di Prancis sendiri, lomba ini baru diadakan pada 2014.

Adapun syarat untuk dapat mengikuti kompetisi ini diantaranya peserta dapat berbahasa Prancis dengan baik, sedang menulis tesis atau telah mendapatkan gelar Doktor pada tahun ajaran 2015-2016, tercatat sebagai mahasiswa salah satu universitas di Indonesia pada waktu menuliskan tesis serta atas sepengetahuan pembimbing tesis. Anda dapat mengetahui informasi dan formulir pendaftaran di www.ifi-id.com/mt180-2017.

Pemenang nasional Kompetisi MT180 tahun 2016 mendapatkan hadiah senilai 100 juta rupiah berupa pengalaman terbang zero gravitasi menggunakan pesawat Airbus A310 ZERO-G, satu-satunya pesawat di dunia yang dapat bermanuver parabola dan menciptakan sensasi terbang hampa udara.

Adapun, pemenang ke-2 dan ke-3 di tahun yang sama, mendapatkan hadiah berupa pembiayaan mobilitas dan riset di Prancis selama 3 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper