Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAPOLDA METRO: Kalah Lapang Dada, Menang Tak Berlebihan

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan mengingatkan para pasangan calon untuk tetap tenang usai pemilihan suara dan keluarnya hasil perhitungan cepat (quick count) oleh sejumlah lembaga survei.
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan/Antara
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan mengingatkan para pasangan calon untuk tetap tenang usai pemilihan suara dan keluarnya hasil perhitungan cepat (quick count) oleh sejumlah lembaga survei.

Iriawan menyampaikan agar pasangan calon yang mendapatkan nilai terendah bisa menerima kekalahan dengan lapang dada. Namun, jika memang merasa tidak puas, pasangan calon dengan nilai terendah dipersilakan menempuh jalur hukum melalui Mahkamah Konstitusi.

"Kami minta kepada yang paling bawah, nantinya kalau memang hasil penghitungan suara demikian, untuk bisa menerima kekalahan dengan lapang dada. Namun, kalau tidak puas silakan salurkan kepada saluran hukum yang ada, ke MK," kata Iriawan dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Rabu (15/2/2017).

Dia menambahkan, jika memang ada pihak yang ingin mengajukan gugatan ke MK terkait hasil suara dalam pilkada DKI Jakarta kali ini, pihaknya siap melakukan pengamanan.

Sementara itu, bagi pasangan calon yang mendapat hasil tertinggi Iriawan meminta agar tidak terlalu euforia dan tetap menghormati pasangan calon yang mendapat hasil terkecil.

"Silakan dengan kepala posisi ditekuk, lakukanlah dengan berdoa, berdzikir, dan sebagainya. Kita menghormati yang persentasenya kecil," tambahnya.

Dia juga mengemukakan bahwa hingga pukul 18.10 WIB, usai pemungutan dan penghitungan suara hari ini, situasi Jakarta tetap aman dan kondusif. Seluruh surat suara  telah disampaikan dari TPS-TPS ke Panitia Pemilihan Kecamatan. Kalaupun sempat terjadi kericuhan minor di titik tertentu, situasi berhasil diamankan.

"Hari ini kami dapat laporan jam 18.10 WIB, surat suara telah bergeser dari TPS ke PPK dan sudah diamankan dari masing-masing pihak kecamatan dibantu anggota kami, dibantu oleh pihak TNI, sampai dengan nanti dihitung masing-masing putaran," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper