Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILKADA SERENTAK 2017: Semua Pihak Harus Ikut Sukseskan, Kata Setya Novanto

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Setya Novanto menghimbau semua pihak yang terkait dan bertanggung jawab atas pelaksanaan pilkada dapat mengemban tugas dan bekerjasama demi terciptanya penyelenggaraan pilkada yang aman, sukses dan bermartabat.
Ketua DPR Setya Novanto. /Bisnis.com
Ketua DPR Setya Novanto. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Setya Novanto menghimbau semua pihak yang terkait dan bertanggung jawab atas pelaksanaan pilkada dapat mengemban tugas dan bekerjasama demi terciptanya penyelenggaraan pilkada yang aman, sukses dan bermartabat.

"Selaku Ketua DPR Republik Indonesia saya menghimbau pemerintah, KPU, Bawaslu, Polri dan TNI dapat bekerjasama untuk memastikan terselenggaranya pilkada serentak yang aman, sukses dan bermartabat," kata Ketua DPR Setya Novanto di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Menurut dia, sukses tidaknya pelaksanaan pilkada serentak tidak hanya bergantung kepada pemerintah, KPU, Bawaslu serta pihak keamanan. Namun juga peran aktif seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan agenda demokrasi ini bermartabat.

Ia mengutarakan sebagai negara demokrasi terbesar ke-tiga di dunia, Indonesia juga mempunyai kepentingan untuk terus menunjukan prestasi dan capaian demokrasi. Sebab pilkada merupakan salah satu instrumen demokrasi yang bukan saja melibatkan seluruh elemen masyarakat, tapi juga disaksikan dunia internasional.

"Pemilihan umum di Tanah Air selalu mendapat apresiasi, dijadikan barometer dan inspirasi bagi dunia internasional. Karenanya kita patut berbangga dan menyambut pesta demokrasi ini dengan suka cita dan penuh rasa tanggung jawab," kata Novanto.

Novanto yang juga Ketua Umum Partai Golkar melanjutkan hakekat pemilihan kepala daerah adalah untuk memilih pemimpin demi kemajuan suatu daerah. Untuk itu dibutuhkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat agar kualitas demokrasi di Indonesia bisa meningkat, sehingga kesejahteraan dapat tercapai.

Semakin baik proses penyelenggaraan dan partisipasi masyarakat, akan semakin baik pula kualitas demokrasi yang kita capai. Artinya semakin berkualitas demokrasinya, maka akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, katanya.

Untuk itu seluruh lapisan masyarakat memiliki peran penting untuk terlibat dan ikut menciptakan iklim yang kondusif.

Menurut dia, pilkada bukanlah acara seremonial 5 tahun sekali, tetapi harus dipahami sebagai hajatan besar untuk menentukan masa depan pembangunan daerah.

"Dan karena setiap keputusan atau kebijakan politik kepala daerah sangat menentukan arah pembangunan, maka saya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak golput atau menyia-nyiakan hak pilih. Datanglah ke TPS dan gunakan hak pilih sebaik-baiknya," kata Setya Novanto.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper