Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Miskin Cilacap Dapat Bantuan Pembayaran BPJS

Sebanyak 326 warga tidak mampu disekitar operasi perusahaan PT. Sung Chang, Sidareja, Cilacap, Jawa Tengah mendapatkan bantuan berupa penanggungan pembayaran iuran BPJS Kesehatan selama satu tahun untuk memperoleh Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat
Layanan BPJS Kesehatan./JIBI-Rachman
Layanan BPJS Kesehatan./JIBI-Rachman

Kabar24.com, SEMARANG—Sebanyak 326 warga tidak mampu disekitar operasi perusahaan PT. Sung Chang, Sidareja, Cilacap, Jawa Tengah mendapatkan bantuan berupa penanggungan pembayaran iuran BPJS Kesehatan selama satu tahun untuk memperoleh Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat.

Pembayaran iuran BPJS untuk warga masyarakat tidak mampu itu merupakan bentuk corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan yang bergerak dibidang industri rambut palsu tersebut. Jumlahnya mencapai Rp100 juta.

Kepala Cabang Utama BPJS Purwokerto, Agus Wibowo menyampaikan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2011 dikatakan bahwa setiap penduduk wajib mendaftarkan dirinya dan anggota keluarganya ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan.

Dia mengatakan saat ini di Kabupaten Cilacap dari jumlah penduduk sebanyak 1,8 juta jiwa lebih, yang telah terdaftar dalam BPJS Kesehatan sebanyak 1,086 juta jiwa atau sebesar 60%.

Agus menjelaskan, penjaminan iuran JKN KIS dapat dilakukan oleh diri sendiri, pemerintah atau perusahaan. Pemerintah telah menetapkan pada awal 2019 mendatang seluruh penduduk yang tinggal di Indonesia seluruhnya sudah terdaftar sebagai peserta JKN KIS.

“Untuk itu peran serta perusahaan didorong untuk ikut menanggung masyarakat yang tidak mampu ke dalam program jaminan kesehatan, karena apabila mengharap pemerintah untuk menjamin seluruh penduduknya maka dibutuhkan dana yang cukup besar,” kata Agus, dikutip dari situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Jumat (10/2).

Wakil Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto dalam kesempatan yang sama mengatakan, untuk mendukung terwujudnya peningkatan dan perbaikan derajat kesehatan masyarakat, peningkatan pelayanan, sarana dan pra sarana, serta sumber daya kesehatan masyarakat, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja.

Tetapi dibutuhkan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak yang memiliki komitmen dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Untuk itu Wabup mengajak kepada perusahaan perusahaan besar di Cilacap, untuk bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Cilacap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper