Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Cara Menghilangkan Rasa Takut Jelang Presentasi

Rasa takut atau khawatir menjelang presentasi akan menimbulkan demam panggung dengan gejala fisik seperti tangan berkeringat, mulut terasa kering, badan gemetar dan denyut jantung terasa lebih cepat.
Seorang pembicara menyampaian presentasi di depan puluhan audiens. Ilustrasi/JIBI-Feri Kristianto
Seorang pembicara menyampaian presentasi di depan puluhan audiens. Ilustrasi/JIBI-Feri Kristianto

Bisnis.com, JAKARTA-Rasa takut atau khawatir menjelang presentasi akan menimbulkan demam panggung dengan gejala fisik seperti tangan berkeringat, mulut terasa kering, badan gemetar dan denyut jantung terasa lebih cepat.

Muhammad Noer, Pendiri dan Master Trainer Presenta Edu,mengatakan demam panggung dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ketika presentasi, sehingga tidak bisa menyampaikan materi dengan baik.

“Jika anda tidak percaya diri ketika presentasi, tentu  anda tidak akan bisa menyampaikan materi dengan baik. Anda akan gugup saat tampil,” katanya, Rabu (8/2/2017).

Menurutnya, rasa takut atau khawatir itu agar diterima dengan baik karena sesungguhnya dapat membuat anda akan merasa lebih rileks, sehingga dapat mengabaikan perasaan yang mengganggu.

Dia menjelaskan dengan perasaan yang lebih rileks dapat membuat diri lebih memusatkan perhatian pada materi presentasi, serta memikirkan cara-cara terbaik untuk membuat para hadirin mengerti materi presentasi yang diberikan.

“Sebab, jika anda terus berusaha melawan rasa takut atau khawatir itu, maka anda akan bertambah gugup. Rasa gugup akan membuat anda sulit untuk berkonsentrasi,” ujarnya.

Noer memberikan tip cara untuk menghilangkan rasa gugup yang membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi, antara lain dengan melakukan visualisasi hal-hal positif sebelum tampil.

Adapun visualisasi yang dimaksud itu Pertama, visualisasikan bahwa audience sedang menikmati presentasi yang dilakukan. Mereka mendengarkan dengan antusias sambil sesekali bertepuk tangan.

Kedua, visualisasikan bahwa presentasi yang dipaparkan itu berjalan dengan baik, memberikan informasi yang sangat dibutuhkan oleh peserta. Dan Ketiga adalah membayangkan bahwa para pendengar adalah teman-teman anda sendir.

“Saat presentasi, bayangkan bahwa Anda sedang mengajak mereka ngobrol dan bercanda. Dengan melakukan visualisasi itu, maka rasa gugup bisa diatasi,” tegasnya.

Noer, pendiri website Presentasi.net itu juga mengingatkan agar berdoa sebelum tampil. Karena doa dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang. Sambil berdoa, pejamkan mata, dan tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan-lahan.

Cara itu, imbuhnya, bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga rasa takut dan khawatir Anda bisa diatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper