Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kehilangan Dua Lengan, Anak Ini Tabah Nantikan Operasi Lanjutan di RSHS Bandung

Jamaludin Muhammad, bocah usia 6 tahun ini harus menerima kenyataan kehilangan kedua lengannya akibat masuk ke dalam mesin pencetak batu bata.
Ilustrasi/razoritehealth.com
Ilustrasi/razoritehealth.com

Kabar24.com, BANDUNG - Jamaludin Muhammad, bocah usia 6 tahun ini harus menerima kenyataan kehilangan kedua lengannya akibat masuk ke dalam mesin pencetak batu bata.

Kini, Jamal dengan tabah menjalani proses lanjutan perawatan dirinya di Rumah Sakit Umum Pemerintah Hasan Sadikin Bandung. Ia kembali harus menjalani operasi.

Bocah asal Kabupaten Garut itu harus menjalani operasi keempat.

"Kami dari Tim Dokter RSHS Bandung, telah melakukan operasi pada pasien Jamaludin Muhammad. Untuk operasi ke tiga tim dokter membersihkan luka dan operasi keempat adalah operasi tandur kulit atau menutup luka dengan ngambil kulit tipis sebagian paha kanan Jamal," kata Dokter Penanggung Jawab Pasien Jamaludin Muhammad, Ghuna Arioharjo Utoyo, di Bandung, Selasa (7/2/2017).

Ia menuturkan jika hasil operasi tersebut bagus maka Jamaludin Muhammad bisa diperkenankan pulang ke rumahnya. "Kalau pada minggu depan, kalau hasilnya bagus kulitnya jadi, bisa pulang," ujar dia.

Menurut Ghuna, ada sejumlah dokter yang terlibat seperti dokter bedah plastik, dokter anak, psikiater, dan psikolog. "Untuk saat ini, kondisi anak sekarang baik-baik saja. Diam, ga rewel, ga nangis lebih banyak diam," kata dia.

Setelah dilakukan operasi pada Kamis (9/2) lalu, tim dokter akan melihat dan mengganti perban Jamaludin Muhammad dan jika lukanya baik maka pekan depan diperbolehkan pulang.

"Kalau lukanya baik, Jamal pun bisa dipasang tangan palsu. Karena, pemasangan tangan palsu tersebut memang benar-benar harus menunggu lukanya baik atau mature atau tak ada infeksi dan lecet. Fitting tangan palsu kemungkinan satu bulan ke depan," katanya.

Ia berharap, pada pekan depan semuanya berjalan sesuai rencana sehingga tak ada operasi lagi. Khusus untuk operasi penutupan luka Jamal, diharapkan bisa benar-benar berhasil.

"Proses penutupan luka itu baru ketahuan kulit yang ditanam hidup atau enggak pada Kamis nanti. Ya kemungkinannya bisa sampai 75 persen, 80 persen atau bahkan 90 persen," ujar Ghuna.

Jamaludin Muhammad, bocah berusia 6 tahun asal Kabupaten Garut, kehilangan kedua lengannya karena kecelakaan. Lengan kiri dan kanannya masuk ke mesin pencetak batu bata.

Jamaludin Muhammad menjalani operasi di RSUP Hasan Sadikin Bandung, pada 21 Januari 2017 dan saat ini dirawat di Gedung Kemuning RSUP Hasan Sadikin Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper