Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petugas TPS Dapat Cek Keaslian e-KTP Saat Pemungutan Suara

Petugas di tempat pemungutan suara atau TPS dapat mengecek keaslian kartu tanda penduduk elektronik (eKTP) pemilih dengan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat.

Kabar24.com, JAKARTA—Petugas di tempat pemungutan suara atau TPS dapat mengecek keaslian kartu tanda penduduk elektronik (eKTP) pemilih dengan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat.

Zudan Arif Fakrullah, Direktur Jenderal Dukcapil di Kementerian Dalam Negeri, mengatakan masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan persoalan eKTP palsu atau ganda dalam penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak.

Saat ini, petugas di TPS dapat langsung memeriksa keaslian eKTP dalam waktu sekitar dua menit, untuk memastikan hak pilihnya.

“Petugas di TPS dapat melakukan pengecekan NIK [nomor induk kependudukan] dengan berkoordinasi bersama Dinas Dukcapil. Dalam waktu dua menit akan terjawab semua keaslian tersebut,” katanya, Senin (6/2).

Zudan menuturkan seluruh Dinas Dukcapil akan tetap melakukan pelayanan saat pelaksanaan Pilkada serentak. Hal itu untuk membantu masyarakat membuat surat keterangan sebagai pemilih, dan pengecekan kembali NIK.

Menurutnya, masyarakat sebenarnya dapat memastikan keaslian eKTP dengan alat bantu yang di jual di pasaran. Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses laman resmi Ditjen Dukcapil Kemendagri untuk memastikan NIK eKTP.

--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper