Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Topang Danau Toba, PT KAI Diminta Bangun Kereta Api

Untuk mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba, pemerintah mengusulkan dibukanya jalur kereta api dari Bandara Kualanamu ke Danau Toba.
Danau Toba/ Indonesia Travel
Danau Toba/ Indonesia Travel

Kabar24.com, JAKARTA -- Untuk mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba, pemerintah mengusulkan dibukanya jalur kereta api dari Bandara Kualanamu ke Danau Toba.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero)Edi Sukmoro menyatakan pihaknya mendapat usul membangun kereta dari Kualanamu ke Danau Toba. Proyek ini masih berhubungan dengan konektivitas kawasan pariwisata Danau Toba.

"Diusulkan ada kereta dari Kualanamu masuk Aras Kabu, lalu ke Danau Toba," kata Edi di Kantor Kemenko Maritim, Jumat (3/2/2017).

Dia menjelaskan saat ini jalur rel kereta eksisting memang sudah sampai ke daerah Pematang Siantar. Begitu pula jalur rel kereta dari Pematang Siantar menuju Danau Toba.

Oleh sebab itu, rel yang eksisting akan coba disambungkan untuk menunjang pariwisata di Danau Toba. Adapun panjang jalur rel kereta tersebut 42 kilometer.

Rel yang sudah ada ini akan coba disambungkan untuk mendukung pengembangan kawasan pariwisata strategi nasional tersebut. Diketahui panjang rel jalur tersebut adalah 42 kilometer.

Dia mengakui kajian secara detail belum dilakukan pada jalur ini. Hal itu agar perseroan bisa merumuskan kebutuhan dan kendala yang mungkin akan dihadapi dalam pembuatan jalur kereta tersebut. Edi berjanji kajian detail atas usulan ini akan segera dilakukan.

Dengan demikian pihaknya juga bisa mengetahui nilai investasi yang dibutukan. Kajian detail belum diketahui menambah banyak PR yang harus dirampungkan salah satunya urusan pembebasan tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper