Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tri Rismaharini Selidiki Jual-Beli Makam Fiktif

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menelusuri praktik jual-beli makam fiktif di Kota Pahlawan, pun juga mengevaluasi jajarannya di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).
Pemakaman umum./Ilustrasi
Pemakaman umum./Ilustrasi

Kabar24.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menelusuri praktik jual-beli makam fiktif di Kota Pahlawan, pun juga mengevaluasi jajarannya di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).

"Dulu memang pernah ada. Tetapi sudah kami copot. Jadi rasanya, tidak mungkin mereka berani seperti itu. Tetapi, saya akan tetap cek kabar itu," kata Risma, saat ditemui wartawan di rumah dinasnya, Jumat (3/2/2017).

Menurut dia, bila yang disampaikan anggota Komisi D DPRD tentang makam fiktif itu Asem Jajar dan Asem Rowo, maka hal itu salah.

Di kedua lokasi itu, pemerintah Kota Surabaya memang sengaja mengkapling dengan memasang beton melingkar. Kapling beton itu dibangun agar di lahan makam itu tidak dibangun hunian liar oleh warga.

Makam dengan kapling itu, lanjut Risma, juga terjadi di beberapa lokasi, di antaranya adalah makam Ngagel, Tembok, dan Rangkah. Problemnya sama, kapling dibangun untuk mencegah penghuni liar menempati kawasan itu lagi.

Wakil Ketua Komisi D Bidang Kesra DPRD Surabaya, Junaidi, sebelumnya menduga ada praktik jual-beli makam di Surabaya. Dugaan itu disampaikan menyusul laporan warga.

"Saya terima laporan warga, bahwa ada petugas jaga makam yang menjual. Ada yang sudah dikapling, bahkan sudah dipasang kijing (batu penutup makam yang menyatu dengan batu nisan, terbuat dari pualam, tegel atau semen)," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper