Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Modus Baru Penyelundupan Narkoba , Kurir Menyamar Jadi Nelayan

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso, mengungkap modus operandi baru penyelundupan dan peredaran narkoba, yaitu melalui pelabuhan penurunan ikan nelayan.
Kepala BNN Budi Waseso/Istimewa
Kepala BNN Budi Waseso/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso, mengungkap modus operandi baru penyelundupan dan peredaran narkoba, yaitu melalui pelabuhan penurunan ikan nelayan.

"Para pengedar menggunakan kapal kayu nelayan dan turunnya di pelabuhan nelayan, seolah-olah adalah nelayan ikan," kata Waseso, di Jakarta Utara, Jumat (3/2/2017).

Salah satu bukti adalah saat lima tersangka sebagai kurir sabu dari Malaysia. Satu orang warga negara Malaysia berinisial SBK tewas ditembak petugas BNN karena melawan saat akan ditangkap di kawasan Tempat Pelelangan Ikan Muara Angke, Jakarta Utara.

"Kapal yang membawa shabu-shabu berangkat dari Johor, Malaysia, kemudian ke Riau berganti kapal dan menuju Teluk Jakarta sekitar empat hari," kata dia.

Pengungkapan kasus sabu dengan berat 13,59 kilogram di Jakarta Utara, Kamis malam (2/2/2017), merupakan operasi bersama BNN, Bea Cukai, polisi dan imigrasi, katanya.

Sementara itu, Dirjen Bea Cukai, Heru Pambudi, mengatakan, pengungkapan kasus tersebut berawal dari informasi yang diterima oleh BNN, Kamis itu (12/1/2017), melalui Narcotics Supression Bureau Thailand akan ada narkotika yang dikirim ke Indonesia dikendalikan jaringan Malaysia berinisial CYH alias A.

Atas informasi itu, KM Dzaki Pratama 02 di perairan Teluk Jakarta disatroni petugas gabungan. Di dalam lambung kapal terdapat 13,59 kilogram sabu dan lima WNI yang bertugas sebagai kurir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper