Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB JATIM 2018 : PDIP Siapkan 2 Bupati untuk Cawagub

Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur menyiapkan dua nama bupati sebagai kandidat calon wakil gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 di provinsi setempat.
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas/Jibiphoto
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas/Jibiphoto

Kabar24.com, SURABAYA - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur menyiapkan dua nama bupati sebagai kandidat calon wakil gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 di provinsi setempat.

"Ada dua nama bupati yang disiapkan sebagai calon wakil gubernur," ujar Wakil Ketua PDIP Jatim Budi Sulistyono ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Senin (30/1/2017).

Salah seorang nama yang disiapkan, kata dia, adalah dirinya sendiri dan satu nama lainnya yakni Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Menurut dia, tidak cukupnya mengusung pasangan calon sendiri membuat partai berlambang banteng moncong putih tersebut berkoalisi dengan partai politik lainnya.

Pada Pemilihan Umum Legislatif 2014, PDIP hanya meraih 19 kursi di DPRD Jatim, sehingga diwajibkan menambah minimal satu kursi lagi agar dapat mengusung pasangan sendiri.

Disinggung soal siapa pasangan calon gubernurnya, Bupati Ngawi dua periode itu mengaku berasal dari kader eksternal yang namanya selama ini sudah ramai menjadi bahan pembicaraan.

"Ada nama Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, atau bisa saja dengan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Keputusan terakhir nanti di tangan DPP PDIP," ucapnya.

Partainya, kata dia, sampai saat ini masih melakukan survei terhadap para kandidat yang layak diusung pada Pilkada tahun depan, selanjutnya digelar rakerdasus, kemudian disampaikan ke pusat.

Sementara itu, selain dari pihak eksternal, PDIP diakuinya juga menyiapkan beberapa nama dari kader internal sebagai calon Gubernur Jatim, seperti Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, maupun Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper