Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasukan Pemerintah Rebut Mosul Timur dari ISIS

Pasukan Pemerintah Irak merebut dan mengendalikan Mosul Timor setelah 100 dimulainnya kampanye dukungan Amerika Serikat untuk meningkirkan ISIS dari kota itu.
Pasukan khusus Irak mengikuti operasi memerangi militan Negara Islam di Kokjali, Mosul, Irak, Rabu (2/11/2016)./Reuters
Pasukan khusus Irak mengikuti operasi memerangi militan Negara Islam di Kokjali, Mosul, Irak, Rabu (2/11/2016)./Reuters

Bisnis.com, BAGHDAD - Pasukan Pemerintah Irak merebut dan mengendalikan Mosul Timor setelah 100 dimulainnya kampanye dukungan Amerika Serikat untuk meningkirkan ISIS dari kota itu.

Satu pejabat Irak, Senin (23/1/2017) atau Selasa (24/1/2017) WIB, mengakui perebut kendali penuh itu. Juru bicara parlemen Sheikh Humam Hamoudi mengumumkan direbutnya bagian timur kota itu, yang merupakan markas terakhir ISIS di Irak, setelah mengikuti pertemuan dengan Perdana Menteri Irak Haider Al Abadi.

"Kami menyelesaikan pembebasan keseluruhan tepi kiri Mosul dan ini merupakan anugerah bagi rakyat Irak," ujar Humam Hamoudi dalam sebuah pernyataan, mengutip Abadi dalam pertemuan itu.

Pihak militer pada Minggu (22/1) memasuki Rashidiya, wilayah terakhir yang diduduki para militan di bagian timur sungai Tigris, ujar juru bicara militer Brigadir Jenderal Yahya Rasool.

Sejumlah operasi pembersihan masih dilaksanakan untuk menyingkirkan sisa-sisa militan di sejumlah persembunyian di bagian utara, kata dia dalam sebuah pernyataan.

Seorang warga Rashidiya mengatakan militer menyerbu wilayah itu setelah serangan udara yang menghancurkan sebuah tank dan bom mobil yang dipersiapkan oleh para militan untuk menyerang pasukan.

Salah satu penduduk Zanjali, sebuah wilayah di bagian barat Mosul, mengatakan para militan IS "datang dari bagian kiri dan mencoba mencari rumah di bagian kanan," melarikan diri dari pergerakan pasukan pemerintah.

Warga meminta untuk tidak dicantumkan namanya dikarenakan para militan membunuh siapapun yang berbicara dengan dunia luar.

Pasukan Irak melancarkan aksi mulai 17 Oktober lalu untuk merebut kembali Mosul dari kelompok Sunni garis keras, yang merebut kota itu pada 2014, menyatakan "kekhalifahan" dari Masjid Agung yang juga mencakup sejumlah bagian Suriah, yang dipimpin oleh Abu Bakr Al Baghdadi.

Para militan terpojokkan Kementerian pertahanan sebelumnya pada Senin mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan perebutan Mosul sepenuhnya, menambahkan bahwa Abadi akan mengeluarkan pernyataan resmi nantinya.

Pernyataan itu kemudian dihapus dari laman resmi kementerian.

Sebuah koalisi pimpinan AS memberikan bantuan udara dan darat kepada pasukan Irak.

Bagian barat Mosul cukup sulit untuk direbut daripada bagian timur dikarenakan wilayah itu dikelilingi jalanan yang terlalu sempit untuk dilewati kendaraan berat.

Para militan diperkirakan akan melakukan perlawanan saat mereka terpojokkan di sebuah wilayah kecil di kota bagian utara Irak.

Mosul memiliki kepadatan penduduk sekitar dua juta jiwa sebelum perang terjadi, dan sekitar 750.000 orang diperkirakan tinggal di bagian barat Mosul.

Lebih dari 160.000 orang telah mengungsi sejak konflik dimulai, menurut data PBB.

Pihak PBB menyampaikan "kekhawatiran mendalam" atas nasib para penduduk di bagian barat Mosul sebelum konflik terjadi nantinya.

"Laporan dari dalam Mosul barat itu meresahkan," Lise Grande, koordinator kemanusiaan untuk Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Harga makanan pokok dan perlengkapan melonjak, banyak keluarga yang tidak memiliki pendapatan hanya makan satu kali sehari. Beberapa bahkan terpaksa membakar perabotan untuk menghangatkan diri," tambahnya.

Pertempuran untuk Mosul melibatkan 100.000 prajurit Irak, anggota pasukan keamanan Kurdi dan milisi Syiah, dan menjadi operasi darat terbesar di Irak sejak invasi AS pada 2003 lalu.

Pasukan Irak memperkirakan jumlah militan yang berada di dalam kota berjumlah lima hingga enam ribu orang saat operasi mulai dilakukan tiga bulan lalu, dan mengatakan sekitar 3.300 orang telah tewas dalam pertempuran.

Para militan meledakkan Hotel Mosul, sebuah hotel besar di Mosul barat pada Jumat, yang diduga sebagai usaha untuk mencegah digunakannya lokasi itu oleh pasukan Irak sebagai markas atau penempatan penembak jitu saat konflik berpindah ke bagian barat Sungai Tigris.

Stasiun televisi nasional mengatakan pihak militer telah membangun jembatan sementara di sepanjang sungai Tigris di bagian selatan Mosul agar pasukan dapat menyeberangi dan bersiap untuk menyerang bagian barat.

Lima jembatan permanen di kota itu rusak dikarenakan serangan udara pimpinan AS dan kelompok IS meledakkan dua jembatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper