Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Papua Nugini Diguncang Gempa 8,0 SR

Gempa bumi berkekuatan 8,0 skala Richter mengguncang Papua Nugini pada Minggu menurut lembaga survei geologis Amerika Serikat (US Geological Survey/USGS), dan peringatan risiko tsunami dikeluarkan untuk negara pulau Pasifik itu dan sekitarnya.
Ilustrasi gemoa/Antara
Ilustrasi gemoa/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-Gempa bumi berkekuatan 8,0 skala Richter mengguncang Papua Nugini pada Minggu menurut lembaga survei geologis Amerika Serikat (US Geological Survey/USGS), dan peringatan risiko tsunami dikeluarkan untuk negara pulau Pasifik itu dan sekitarnya.

Gempa pukul 15.30 waktu setempat itu menurut USGS terjadi sekitar 40 kilometer barat Panguna di Pulau Bougainville, Papua Nugini, dan pusatnya berada di kedalaman 153 kilometer. Dalam penilaian awalnya USGS menyatakan bahwa kerusakan ringan hingga sedang kemungkinan terjadi di Pulau Bougainville. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memperingatkan ombak antara 0,3 sampai satu meter di atas tingkat pasang kemungkinan terjadi di beberapa wilayah pesisir Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Ombak yang lebih kecil juga kemungkinan terjadi di negara-negara di sekitarnya. "Walau cukup dalam di 150 kilometer, karena gempanya besar, itu akan menimbulkan guncangan di permukaan," kata seismolog Geoscience Australia, Spiro Spiliopoulos, kepada kantor berita AFP. Dia menambahkan bahwa gempa itu kemungkinan menimbulkan kerusakan.

Gempa dengan magnitudo 7,9 Skala Richter mengguncang Papua Nugini pada pertengahan Desember, namun tidak ada laporan mengenai korban, dan ancaman tsunami kemudian dinyatakan lewat. Gempa Bumi umum terjadi dekat Papua Nugini, yang berada di lempeng Pasifik Australia yang panjangnya 4.000 kilometer.

Pada 2013, Kepulauan Solomon dilanda tsunami setelah gempa 8,0 mengguncang kawasan itu. Tsunami menewaskan 10 orang, dan merusak ratusan rumah, menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper