Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres JK Resmikan Rusunawa Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Maros

Wakil Presiden M Jusuf Kalla meresmikan Rumah Susun Sedeharana Sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang di Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (21/1/2017).
Wakil Presiden M Jusuf Kalla meresmikan Rumah Susun Sedeharana Sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang di Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (21/1/2017)./Istimewa
Wakil Presiden M Jusuf Kalla meresmikan Rumah Susun Sedeharana Sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang di Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (21/1/2017)./Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Wakil Presiden M Jusuf Kalla meresmikan Rumah Susun Sedeharana Sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang di Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (21/1/2017).

Rusunawa yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan bagi para santri yang menuntut ilmu agama di pondok pesantren tersebut.

Turut hadir pada acara tesebut Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo serta Pimpinan Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum H.M. Sanusi Baco.

Wapres Jusuf Kalla menyatakan pembangunan prasarana pendidikan seperti rusunawa di lingkungan pondok pesantren juga penting bagi generasi muda Indonesia. Pasalnya, para santri selain belajar agama juga diharapkan belajar bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari di hunian vertikal tersebut.

"Pembangunan rusunawa ini bukan bantuan dari pemerintah tapi memang sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan pondok pesantren," ujar Wapres Jusuf Kalla saat memberikan sambutan, seperti dilansir dalam siaran pers, Sabtu (21/1/2017).

Dirinya juga meminta rusunawa yang sudah dibangun dari uang rakyat ini bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga para santri bisa lebih fokus dalam menuntut ilmu dari para kyai dan ulama di ponpes.

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan rusunawa yang dibangun dengan biaya Rpl8,46 miliar tersebut mampu menampung 216 orang. Tipe kamar pada rusunawa tersebut yakni tipe barak yang berjumlah 12 unit dan sudah dilengkapi dengan tempat tidur dan meubelair.

Pada setiap lantai rusunawa terdapat dua unit kamar tipe barak kecil dan dua unit kamar tipe barak besar. Selain itu, setiap lantai memiliki fasilitas 10 unit toilet, 10 unit WC, 2 unit tempat wudhu, 1 unit janitor dan 2 unit ruang dapur. Daya tampung masing-masing kamar adalah 72 orang.

Rusunawa Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Maros dibangun pada 2016 oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR sebanyak satu twin block setinggi tiga lantai.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Nahdlatul Ulum Sanusi Baco menyatakan pihaknya berterimakasih atas dibangunnya rusunawa untuk para santri putra. Adanya tambahan prasarana pendidikan seperti fasilitas tempat tinggal bagi para santri ini, diharapkan dapat mendorong semangat mereka dalam menuntut ilmu.

Rusunawa santri yang diresmikan ini merupakan bagian dari 7.740 unit rumah dalam bentuk rusun yang dibangun Kementerian PUPR pada tahun 2016 dalam rangka program sejuta rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper