Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemilu 2019, Ini tantangan Yang Akan Dihadapi Penyelenggara

Calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan dipilih oleh pemerintah diharapkan merupakan tokoh yang sanggup langsung bekerja.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, JAKARTA –Calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan dipilih oleh pemerintah diharapkan merupakan tokoh yang sanggup langsung bekerja.

Masykurudin Hafidz, Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menuturkan calon anggota penyelenggara pemilu yang terpilih akan dihadapkan tantangan yang tidak mudah. Pasalnya penyelenggara terpilih akan langsung menghadapi Pilkada serentak ketiga yang diikuti oleh banyak propinsi besar. Selain itu calon penyelenggara terpilih akan langsung melakukan persiapan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden yang direncanakan serentak.

Saat ini seleksi penyelenggara pemilu kembali telah memasuki tes kesehatan lanjutan, dinamika kelompok dan tes wawancara. Sebanyak 36 calon anggota KPU dan 22 calon anggota Bawaslu akan menjalani serangkaian tes tersebut. Tes direncanakan digelar hingga 26 Januari 2017 mendatang.

“Proses seleksi ini menentukan untuk mewujudkan penyelenggara Pemilu yang solid, kombinatif dan representatif dalam melaksanakan tahapan penyelenggaraan yang lebih berkualitas,” kata Masykurudin di Jakarta, Sabtu (21/1/2017).

Sementara itu untuk latar belakang peserta, calon anggota KPU sebagian besar berlatar belakang petahana penyelenggara yaitu sebanyak 28 calon (78 persen). Selebihnya berlatar belakang akademisi sebanyak 5 calon (14 persen) dan Pegiat Pemilu sebanyak 3 calon (8 persen). Sementara latar belakang Bawaslu sebagian besar berlatar belakang petahana penyelenggara yaitu 12 calon (54 persen) dan akademisi yaitu 7 calon (32 persen). Selebihnya dari kalangan Pegiat Pemilu sebanyak 2 calon (9 persen) dan PNS 1 calon (5 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper