Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baznas Luncurkan ATM Beras Bantu Warga Miskin

Badan Amil Zakat Nasional meluncurkan program Anjungan Terima Mandiri (ATM) Beras untuk membantu masyarakat tidak miskin dalam memenuhi kebutuhan dasarnya berupa beras.
Baznas bantu beras untuk masyarakat miskin. Ilustrasi/Antara-Ahmad Subaidi
Baznas bantu beras untuk masyarakat miskin. Ilustrasi/Antara-Ahmad Subaidi

Kabar24.com, JAKARTA-Badan Amil Zakat Nasional meluncurkan program Anjungan Terima Mandiri (ATM) Beras untuk membantu masyarakat tidak miskin dalam memenuhi kebutuhan dasarnya berupa beras.

Bambang Sudibyo, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), mengatakan layaknya mengambil uang dari ATM, masyarakat miskin yang telah diverifikasi dapat mengambil beras secara cuma-cuma dengan menggunakan kartu peserta.

“Layanan ATM Beras itu untuk membantu masyarakat miskin memenuhi kebutuhan dasar yang kian sulit dijangkau akibat kenaikan harga,” katanya di Jakarta, Selasa (17/1/2017)

Menurutnya, program ATM Beras merupakan inovasi Baznas dalam memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat miskin, menggunakan mesin karya anak bangsa lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dia menjelaskan pada tahap awal Baznas akan masang mesin ATM Beras di 10 lokasi yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi yang akan ditingkatkan jumlah unit dan sebaran wilayahnya.

Tiap unit ATM Beras, lanjutnya, memiliki kapasitas penampungan beras sebanyak 230 liter yang dapat memenuhi kebutuhan bagi 120 Kepala Keluarga dan setiap unit mesin itu akan diisi ulang sebanyak 8 kali dalam satu bulan.

Bambang mengungkapkan program ATM Beras mendesak untuk digulirkan mengingat angka kemiskinan di Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2016 mencapai 28,01 juta jiwa.

Selain itu, imbuhnya, Indonesia termasuk salah satu negara dengan tingkat kelaparan serius di dunia dengan nilai indeks Kelaparan Global (Global Hunger Index/GHI) sebesar 21,9 (International Food Policy Reasearch Institute, 2016).

Selanjutnya angka inflasi pada awal Januari 2017 mencapai 4,7%, mendekati batas maksimum yang dijaga Bank Indonesia  sebesar 5%  (Lembaga Penjamin Simpanan, 2017).

“Isu pangan ini menjadi penting saat ini, Bappenas menyampaikan bahwa kasus gizi buruk mencapai 30% dari jumlah anak di negeri ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper