Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Gempa Guncang Deli Sedang, Sumut

Gempa bumi beruntun mengguncang Kabupatem Deli Serdang Provinsi Sumut
Ilustrasi gemoa/Antara
Ilustrasi gemoa/Antara

Bisnis.com, Jakarta - Gempa bumi beruntun mengguncang Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, Senin, 16 Januari 2016. 

BMKG mencatat gempa berkekuatan 5,6 SR terjadi pada pukul 19.42 WIB dengan sumber gempa berasal dari sesar di darat dengan kedalaman 10 km. Pusat gempa berlokasi 28 km di sebelah barat daya Deli Serdang.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, lewat keterangan tertulis, Senin (16/1/2017).

Sebelumnya juga terjadi gempa 3.9 SR pada pukul 19:13:30 WIB, dengan pusat gempa di darat pada 23 km barat daya Deli Serdang dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan di Medan. 

Sutopo mengatakan posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa. 

"Gempa dirasakan keras di Deli Serdang, Binjai dan Karo sekitar 5-8 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. Gempa juga dirasakan dengan intensitas sedang di Kota Medan dan membuat masyarakat Medan juga berhamburan keluar rumah."

Dia menambahkan pusat gempa cukup dekat Gunung Sinabung, yakni berjarak sekitar 33 kilometer timur laut dari Kabupaten Karo. 

"Semoga tidak makin meningkatkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung. PVMBG mengintensifkan pengamatan Gunung Sinabung. Status G. Sinabung tetap Awas.

Berdasarkan analisis peta, gempa dirasakan di sekitar Deli Serdang dan Binjai dengan intensitas ringan hingga sedang. Diperkirakan gempa tidak berdampak pada kerusakan bangunan yang masif. 

Lebih lanjut, Sutopo menyebutkan BPBD tengah melakukan pendataan. Namun hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa. 

"Dilaporkan beberapa rumah mengalami kerusakan namun masih pendataan. Listrik mati di Kota Berastagi dan beberapa desa di sekitar Gunung Sinabung seperti di Desa Sukandebi dan Sukatepu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper