Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PAN-RB Minta Masyarakat Waspadai Penipuan CPNS

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta masyarakat tidak mudah percaya terhadap informasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang disebarkan melalui media sosial.
PNS/Antara
PNS/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta masyarakat tidak mudah percaya terhadap informasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang disebarkan melalui media sosial.

Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, mengatakan saat ini seluruh informasi terkait penerimaan CPNS hanya bersumber dari laman resmi pemerintah, yakni www.menpan.go.id dan www.bkn.go.id.

“Kementerian PAN-RB sudah mengambil langkah tegas dengan melaporkan puluhan situs bodong yang menginformasikan penerimaan CPNS. Masyarakat harus lebih hati-hati dalam menerima informasi ini, agar tidak menjadi korban penipuan,” katanya, Senin (16/1/2017).

Herman menuturkan biasanya informasi palsu mengenai penerimaan CPNS itu dilanjutkan dengan modus menawarkan jasa dengan sejumlah imbalan. Hal itu pun dapat dipastikan sebagai penipuan, karena penerimaan CPNS tidak pernah meminta sejumlah uang.

Menurutnya, Menteri PAN-RB Asman Abnur pun telah meminta agar hal tersebut segera ditindak sesuai aturan yang berlaku, karena merugikan masyarakat.

Seperti diketahui, sebelumnya terjadi penipuan penerimaan CPNS di Jawa Barat, karena korban diminta menyetor uang hingga ratusan juta rupiah dengan imbalan surat keputusan (SK) pengangkatan PNS.

Pemerintah sendiri belum membuka seleksi penerimaan CPNS dari jalur umum, dan sejak 2013 seleksi penerimaan CPNS sudah menggunakan sistem computer assisted test atau CAT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper