Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Animator Film Tarzan Berbagi Keahlian Animasi di SMK Raden Umar Said

SMK Raden Umar Said RUS Animation Studio semakin serius mengembangkan kompetensi SDM para pendidik dan peserta didiknya di bidang animasi
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com,Jakarta-- SMK Raden Umar Said – RUS Animation Studio semakin serius mengembangkan kompetensi SDM para pendidik dan peserta didiknya di bidang animasi.

Para guru dan siswa di sekolah kejuruan ini berkesempatan menyerap ilmu dan wawasan mendalam tentang animasi dari Woody Woodman, seorang animator profesional dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri animasi Amerika Serikat (AS).

Woody Woodman hadir di SMK Raden Umar Said untuk memberikan materi pembelajaran program animasi kepada para guru dan siswa selama enam hari, pada 9 – 14 Januari 2017.

Kelas animasi oleh Woody merupakan salah satu bagian dari upaya pengembangan kualitas dan kompetensi yang dilakukan oleh SMK Raden Umar Said untuk para pendidik dan peserta didiknya. SMK Raden Umar Said merupakan salah satu sekolah kejuruan yang dibina oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Kepala Sekolah SMK Raden Umar Said, Fariduddin, mengemukakan, upaya peningkatan kualitas sekolah tidak hanya dilakukan melalui pembangunan fasilitas fisik saja. Namun juga berkaitan dengan pengembangan wawasan dan keahlian para pengajarnya agar mampu mencetak animator-animator muda dengan kompetensi yang mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan industri animasi saat ini.

“Dengan program materi yang diberikan Woody Woodman, baik secara online maupun kehadirannya pada saat ini, banyak sekali pengetahuan yang bisa diserap oleh para pengajar dan siswa di SMK Raden Umar Said. Materi yang diberikan sangat relevan dengan kebutuhan industri mengingat Woody Woodman memiliki pengalaman panjang sebagai animator,” ungkap Fariduddin di SMK Raden Umar Said, Kudus, Sabtu (14/1/2016).

Woody Woodman adalah illustrator profesional yang telah menghasilkan berbagai karya ternama. Saat menjadi illustrator di Walt Disney Animation, Woody menghasilkan sejumlah film animasi seperti Mulan, Tarzan, The Emperor’s New Groove, Lilo & Stitch, Treasure Planet, dan Brother Bear. Selain itu, Woodman juga pernah turut berkontribusi dalam pembuatan film animasi yang menggunakan efek CGI, "Tugger : The Little Jeep Who Wanted To Fly".

Selain di Walt Disney Animation, Woody Woodman juga sempat berkerja di Genesis Orlando, Project Firefly, DME, 20th Century Fox, Animation Lab, Laika Inc., Omation, Aardman, Digital Domain, Lucas Films, dan One Animation, yang juga menghasilkan banyak karya luar biasa, seperti Alien in The Attics (20th Century Fox, 2007), Planet Sheen (Omation, 2009) dan Arthur Christmas (Aardman, 2009). Lulusan Ringling School Art dan Design, Florida ini, juga sempat mengajar di DigiPen Institute Technology of Singapore, yang merupakan universitas khusus untuk mengajarkan pengembangan game.

Woody mengungkapkan, sangat penting untuk memberikan materi pembelajaran animasi yang tepat dan fundamental kepada para siswa di sekolah setingkat SMK. Ia meyakini dengan pendidikan formal yang berkualitas sejak tingkat sekolah kejuruan, maka animator-animator yang dihasilkan akan mampu menjadi pendorong pertumbuhan industri animasi di Indonesia ke depannya.

“Bagi orang-orang seperti saya yang telah bekerja 20 tahun di industri animasi, sekolah seperti RUS di Kudus adalah kesempatan sempurna membagikan pengetahuan kepada generasi muda. Sangat menyenangkan untuk men

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper