Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MOSUL: Pasukan Khusus Irak Bergerak, ISIS Terdesak

Pasukan khusus Irak menyerang sebuah kompleks universitas di bagian timur laut kota Mosul pada Jumat dan berhasil memukul mundur kelompok bersenjata ISIS di area terdekat untuk merebut dua jembatan sungai Tigris, demikian keterangan militer.
Pasukan khusus Irak mengikuti operasi memerangi militan Negara Islam di Kokjali, Mosul, Irak./Reuters
Pasukan khusus Irak mengikuti operasi memerangi militan Negara Islam di Kokjali, Mosul, Irak./Reuters

Bisnis.com, MOSUL -  Pasukan khusus Irak menyerang sebuah kompleks universitas di bagian timur laut kota Mosul pada Jumat dan berhasil memukul mundur kelompok bersenjata ISIS di area terdekat untuk merebut dua jembatan sungai Tigris, demikian keterangan militer.

ISIS kini tengah melakukan serangan balik di Universitas Mosul yang mereka pertama kali mereka kuasai pada 2014.

Pasukan pemerintah Irak, setelah tiga bulan menggelar serangan darat dengan bantuan udara dari Amerika Serikat, kini telah membebaskan sebagian besar distrik di wilayah timur Mosul.

Militer Irak tengah berupaya merebut sebuah wilayah Mosul di sebelah timur sungai Tigris, yang membelah kota terbesar kedua di Irak itu menjadi dua. Setelah itu, baru operasi akan dilanjutkan di sebelah barat yang masih dikuasai sepenuhnya oleh ISIS.

Kekalahan ISIS di Mosul akan menjadi pertanda berakhirnya kekhalifahan kelompok tersebut di Irak yang pertama kali dideklarasikan pada 2014 dengan wilayah memanjang dari Irak sampai Suriah.

Sampai dengan Jumat malam waktu setempat, pasukan elit Irak telah menguasai sebagian wilayah universitas dan merebut dua dari lima jembatan yang menghubungkan bagian barat dan timur Mosul, kata Sabah al-Numan, juru bicara badan anti-terorisme Irak (CTS).

"Jika semua berjalan lancar, dalam wakut singkat kami akan mengumumkan pembersihan di sepanjang pinggiran kiri Sungai Tigris. Wilayah ISIS hanya tersisa sedikit," kata dia.

Sementara itu Amerika Serikat memuji kemajuan yang berhasil diraih tentara Irak tersebut.

"Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Namun hari-hari ISIS di Mosul akan cepat berakhir," kata Kolonel John Dorrian dari Angkatan Udara Amerika Serikat.

Sementara itu Mayor Jenderal Sami al-Aridi, komandan senior CTS, mengatakan bahwa Universitas Mosul adalah basis paling penting bagi ISIS di wilayah timur kota tersebut.

"Pasukan kami terus bergerak maju di kompleks universitas itu," kata dia pada Jumat pagi setelah sejumlah buldozel meruntuhkan dinding yang mengelilingi kampus.

Pasukan Irak kini memperoleh kemenangan dengan cepat sepanjang dua pekan terakhir, setelah sempat terhambat pada November dan Desember lalu saat gerilyawan ISIS menggunakan rumah warga sipil untuk bersembunyi.

Operasi pembebasan Mosul melibatkan sekitar 100.000 tentara dari militer Irak, pejuang Kurdi, dan milisi Syiah. Mereka juga didukung oleh pesawat tempur Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper