Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kakek Berusia 105 Tahun Ini Bersepeda Hingga 22.547 Kilometer dalam Satu Jam

-Seorang kakek asal Prancis berusia 105 tahun, Robert Marchand, mencetak rekor baru bersepeda di usia senjanya, dengan menempuh jarak 22.547 km dalam waktu sejam.
Robert Marchand/Istimewa
Robert Marchand/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA-Seorang kakek asal Prancis berusia 105 tahun, Robert Marchand, mencetak rekor baru bersepeda di usia senjanya, dengan menempuh jarak 22.547 km dalam waktu sejam.

Marchand yang menyapa para pendukungnya di velodrome Saint-Quentin-en-Yvlines, bagian barat Paris, mengatakan dia sebenarnya bisa lebih cepat lagi.

"Saya tak melihat tanda kalau 10 menit lagi dimulai, kalau melihat saya bisa mempercepat kayuhan," ujar dia kepada awak media.

Ketika sampai di garis finis, Marchand turun dari sepeda dan sama sekali tak mengalami kesulitan saat berjalan.

"Saya tak merasa lelah. Kaki saya tak sakit, tetapi lengan saya yang agak nyeri. Saya merasa emosional dan bahkan bertanya pada diri saya kalau ini nyata," kata pria yang lahir di tahun 1911, tiga tahun sebelum Perang Dunia I dimulai.

Sekalipun usia mempengaruhi kecepatannya mengayuh pedal sepeda-- tiga tahun lalu dia mampu menempuh 26.927 km dalam satu jam-- namun Marchand tetap mencetak rekor baru untuk seseorang berusia di atas 100 tahun.

Selain Marchand, tak ada lagi seseorang berusia di atas 100 tahun yang pernah mencapai rekor ini. Bila dibandingkan, rekor bersepeda satu jam adalah 54.526 km, itupun diraih pemegang medali emas Olimpiade, Bradley Winggins.


Rahasia sehat

Marchand merupakan pensiunan pemadam kebakaran dan pernah menjadi juara senam dan tinju nasional. Profesinya itulah yang berkontribusi membantu menjaga kesehatan tubuhnya-- ditambah banyak melakukan olahraga.

"Saya rajin berolahraga, mengkonsumsi banyak sayuran dan buah, tak terlalu banyak minum kopi," kata dia.

"Saya bersepeda 10-20 km per hari, tetapi tidak di luar ruangan, karena takut terkena flu," imbuh Marchand seperti dilansir Channel News Asia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper