Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Australia Nyatakan Penyesalan Terhadap Indonesia

Australia pada Kamis (5/1/2017) menyatakan penyesalan terhadap Indonesia dan berjanji akan menggelar penyelidikan terkait temuan bahan ajar yang menyinggung sehingga membuat Jakarta membatalkan hubungan pertahanan kedua negara.
Menteri Pertahanan Australia Marise Payne/afr
Menteri Pertahanan Australia Marise Payne/afr

Bisnis.com, SYDNEY - Australia pada Kamis (5/1/2017) menyatakan penyesalan terhadap Indonesia dan berjanji akan menggelar penyelidikan terkait temuan bahan ajar yang "menyinggung" sehingga membuat Jakarta membatalkan hubungan pertahanan kedua negara.

Pada Rabu (4/1/2017) Indonesia membenarkan telah menghentikan sementara kerja sama militer dengan Australia sejak Desember. Keputusan itu awalnya diambil secara mandiri oleh militer.

Meski demikian, Presiden Indonesia Joko Widodo pada Kamis (5/1/2017) mengaku telah memberi izin bagi keputusan penghentian kerja sama itu. Dia juga meminta kepada menteri pertahanan dan panglima militer untuk melakukan penyelidikan.

Kerja sama militer antara kedua negara mencakup berbagai macam aktivitas, dari penanggulangan terorisme sampai perlindungan wilayah perbatasan.

Selama beberapa tahun terakhir hubungan militer antara Jakarta dan Canberra  selalu naik turun. Australia sempat menghentikan pelatihan bersama dengan pasukan khusus Kopassus akibat dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Timor Leste pada 1999, saat wilayah itu tengah memperjuangkan kemerdekaan dari Indonesia.

Hubungan kembali normal setelah 2002 usai serangan bom di dua klub malam di Bali yang menewaskan 202 orang, 88 di antaranya warga Australia.

Menteri Pertahanan Australia Marise Payne pada Kamis (5/1/2017) mengaku telah melakukan penyelidikan atas bahan ajar yang ditemukan di Barak Campbell, Perth.

"Kami menyatakan penyesalan atas peristiwa ini. Saya berpendapat, adalah hal yang wajar bagi negara sahabat untuk menyatakan protes mereka," kata Payne kepada sejumlah wartawan di Sydney.

"Australia akan memaparkan hasil investigasi itu kepada pihak pemerintah dan militer Indonesia," kata Payne.

Payne menolak mengungkap apa yang membuat Indonesia merasa terhina. Sejumlah media melaporkan  seorang pejabat militer Indonesia yang tengah mengikuti pelatihan di Australia tersinggung atas sebuah poster yang mempertanyakan kedaulatan Indonesia atas wilayah barat Papua.

Ada juga laporan dari pejabat sama yang menemukan sejumlah dokumen penghinaan terhadap ideologi dasar Tentara Nasional Indonesia.

Papua  merupakan isu yang sensitif bagi pemerintah dan militer. "Tentu saja kami mengakui kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia. Ini adalah sikap tegas kami," kata Payne.

Dia mengatakan  semua materi bahan ajar yang sensitif telah dihapus dan telah disesuaikan secara budaya.

Pada 2013, Indonesia sempat memutus hubungan militer dengan Australia setelah terungkap bahwa pihak intelejen Canberra memata-matai telepon genggam milik presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Australia saat ini membutuhkan bantuan Indonesia untuk turut mendukung kebijakan imigrasi yang kontroversial, termasuk di antaranya mengusir kapal-kapal yang ditumpangi oleh para pencari suaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper